Pengganti Tjahjo Kumolo Versi Pengamat: Jokowi ‘Tak Berkutik’ Tapi Sosok Ini Penentunya

Date:

FOTO ILUSTRASI. Presiden Jokowi saat menyapa warga Kabupaten Serang. Dalam kunjungannya, dia memastikan bahwa harga minyak goreng sudah normal. (Bantenhits/Muhammad Uqel)

Jakarta- Pengamat Politik, Ujang Komarudin memprediksi beberapa nama yang punya potensi menggantikan posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan/RB).

Diketahui, posisi tersebut saat ini kosong karena Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

Dikutip Bantenhits dari Tribunnews, sederet nama kader PDI Perjuangan disebut yang akan mengisi kekosongan kursi. Tapi, sosok tersebut hanya yang dekat dengan Megawati Soekarnoputri.

Mereka adalah Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto, dan Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sutarduga.

“Bisa Hasto, Olly, Bambang Pacul, atau Eriko. Yang jelas orang yang dekat dan dipercaya Megawati,” ujar Ujang kepada Tribunnews dikutip Bantenhits, Minggu, 3 Juli 2022.

Menurut Ujang, sosok yang akan isi kekosongan kursi Menpan RB semua kembali atas putusan Megawati selaku pemegang hak prerogatif di PDI Perjuangan.

Bahkan Presiden Joko Widodo pun tidak akan bisa menunjuk sosok menteri selain dapat rekomendasi dari Megawati Soekarnoputri.

“Pak Jokowi tidak akan bisa menentukan siapa tokoh PDIP yang ditunjuk sebagai menteri selain mendapatkan atau rekomendasi dari bu Mega,” ucap Ujang.

Terkait kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengisian kursi kosong ini, Ujang tidak menyebut secara jelas, tapi menurutnya adalah secepatnya.

“Soal waktu secepatnya. Agar Kemenpan RB segera bisa running lagi dengan menteri barunya,” jelasnya

Sedikit ditambahkan Ujang, jika sosok yang isi kekosongan kursi Menpan RB bukan dari PDI Perjuangan, bisa-bisa pihak PDI Perjuangan akan marah, mengingat kursi kosong tersebut sebelumnya memang merupakan jatah PDI Perjuangan.

“Kalau bukan dari PDIP, akan marah mereka. Karena itu jatah PDIP. Maka (posisi kursi Menpan RB) akan jatuh ke tangan PDIP lagi,” tegasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...