Banyak Lulusan SMA/SMK di Kab. Serang Lebih Pilih Bekerja Ketimbang Kuliah: Ini Buktinya

Date:

Warga saat antre membuat AK.1 di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Serang. (Bantenhits/Muhammad Uqel)

Serang- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang telah menambah kuota pembuatan AK.1 secara bertahap pasca kelulusan siswa – siswi sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan. Pasalnya, tingkat kelulusan pada tahun ini mengalami peningkatan.

Kabid Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Serang, Ugun Gurmilang mengatakan, adanya peningkatan pembuatan AK1 disebutkan karena belum lama ini para siswa di SMA dan SMK baru saja merayakan kelulusannya.

Menurutnya sebagian lulusan SMA dan SMK lebih banyak yang ingin bekerja ketimbang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kalau setelah kelulusan biasanya selalu ada kenaikan pembuatan AK1, makanya hal ini sudah kami antisipasi dengan menambahkan kuota,” katanya, Senin 11 Juli 2022.

Dikatakan Ugun, pada perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki manajemen baik biasanya kartu AK 1 merupakan salah satu dokumen yang dipersyaratkan ada bagi para pelamar yang ingin bekerja di perusahaan tersebut.

“Untuk SMK yang ada bursa kerja khusus (BKK) nya sudah di koordinir melalui BKK SMK masing-masing untuk membuat AK.1 ini,” ujarnya.

Ugun menyebutkan, untuk saat ini pihaknya telah menyediakan kuota sebanyak 200 orang perhari. Yang harus mendaftar secara online untuk mendapatkan nomor antrean. Hal ini, kata dia akan terus dilakukan penambahan apalagi pencaker terus mengalami kenaikan.

Namun, bagi pencaker yang sudah mendapatkan panggilan kerja atau disabilitas, kata Ugun dapat langsung datang kekantor tanpa harus mendaftar nomor antrean online.

“Kalo disabilitas atau yang sudah keterima kerja boleh tanpa nomor antrean asal ada bukti kelengkapan pemberkasan masuk kerja atau memperlihatkan bukti panggilannya,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Muhammad Uqel

    Muhammad Uqel Assathir menggeluti dunia jurnalistik sejak menjadi aktivis kampus. Uqel--begitu dia biasa disapa-- menghabiskan waktu selama kuliah untuk menyelami dunia pergerakan mahasiswa dan jurnalistik kampus. Pria asal Kabupaten Serang ini memiliki ketertarikan juga terhadap dunia desain.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...