Jalur Kereta Api Rangkabitung-Labuan Mulai Dikerjakan Tahun 2023

Date:

Double track Kereta Api Tangerang-Jakarta
Reaktivasi Jalur Kereta Rangkasbitung – Labuan mulai dilakukan. FOTO Ilustrasi : Double track Kereta Api Tangerang-Jakarta. (ISTIMEWA)

Pandeglang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang menyebut reaktivasi jalur kereta api Rangkasbitung-Labuan sepanjang 56,6 kilometer milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) mualai dikerjakan tahun 2023.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang Iman Subekti mengatakan, reaktivasi yang dilakukan PT KAI terbagi dalam segmen 1 jalur Rangkasbitung-Pandeglang sepanjang 18,7 kilometer dan segmen 2 jalur Pandeglang-Labuan sepanjang 37,9 kilometer.

“Reaktivasi jalur rel KA Rangkasbitung-Labuan ini mulai pengerjaan di tahun 2023 awal. Itu kata konsultannya,” kata Imam, Kamis 1 September 2022.

Menurut Imam, konsultan pelaksana reaktivasi, belum lama ini sudah turun mengecek lokasi stasiun dan jalur rel kereta Pandeglang-Labuan sepanjang 37,9 kilometer. Serta melakukan pemotretan menggunakan drone.

“Pengambilan foto pakai drone sudah dilakukan. Hanya saja yang belum yaitu memberikan dana kerohiman kepada warga menempati lahan PT KAI,” katanya.

Menurut dia, pendataan calon penerima kerohiman sudah dilakukan pendataan dari tahun lalu.

“Kalau saja tidak ada Covid-19 mungkin sekarang sudah jalan dan tahun 2022 ini dilakukan peresmian. Namun karena Covid-19 sehingga proyek reaktivasi yang masuk Proyek Strategis Nasional menjadi tertunda,” jelasnya.

Iman menjelaskan, dalam rangka menyambut dihidupkannya kembali jalur rel kereta api Rangkasbitung-Labuan, Dinas Perhubungan sudah mempersiapkan rencana induk transportasi Kabupaten Pandeglang. Jadi menyiapkan simpul trayek dari terminal menuju Stasiun Kereta.

“Kita sudah siapkan 17 trayek. Untuk simpul transportasi angkutan yang tersebar di 11 kecamatan,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

 

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tangkapan Besar Itu Berawal Pengungkapan Transaksi 1 Kg Sabu di Desa Sukamantri

Berita Tangerang - Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten...

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...