393 Ruas Jalan di Lebak Jadi Jalan Poros Desa

Date:

FOTO ILUSTRASI. Kondisi jalan poros Desa yang menghubungkan Desa Tenjo Ayu dan Desa Cerucuk, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang. (FOTO: Ramdani/ Banten Hits)

Lebak- Sebanyak 393 ruas jalan di Kabupaten Lebak ditetapkan sebagai jalan poros desa oleh Pemerintah Kabupaten Lebak. Penetapan melalui surat keputusan.

“Ribuan yang diusulkan, tapi hasil kajian dan dilakukan klasifikasi, ada 393 ruas yang masuk kriteria sebagai jalan poros desa,” kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Hamdan Soleh, Minggu, 4 September 2022.

Penetapan menurut Hamdan berdasarkan syarat teknis sebagai fungsi jalan yang tercapai.

“Menghubungkan satu desa dengan desa atau kecamatan lain. Jadi fungsinya jalan itu sebagai jalan penghubung, bukan menghubungkan antar kampung tapi buntu,” ujar Hamdan.

Penetapan jalan poros desa juga nantinya sebagai bahan pihak-pihak yang berkepentingan, salah satunya pemerintah desa ketika akan mengusulkan pembangunan.

“Jadi desa punya pegangan, jalan poros desa sekian ruas. Ke depannya, evaluasi akan dilakukan setiap tahun,” ucap Hamdan.

Karena dana desa yang tidak mungkin cukup untuk membangun infrastruktur jalan, sambung Hamdan, pada tahun depan pembangunan jalan desa kemungkinan akan diusulkan ke pemerintah daerah.

“Iya karena kan dana desa tidak cukup untuk semua bisa dibangun, tahun depan ada program pembangunan jalan desa diusulkan ke pemda,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...