Connect with us

Berita Terbaru

Tekad Johan Arifin Muba Membumikan Pancasila di Tanah Jawara

Published

on

Ketua MPW Pemuda Pancasila Banten Johan Arifin Muba. (Istimewa)

Tangerang – Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Banten digelar Senin-Selasa, 26-27 September 2022 di Hotel Novotel Tangcity Superblock, Kota Tangerang.

Muswil tersebut kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada petahana Johan Arifin Muba.

Pasca terpilih kembali memimpin MPW Pemuda Pancasila Banten, Johan Arifin Muba menegaskan komitmennya untuk membumikan Pancasila di Tanah Jawara.

“Terima kasih kepada para senior, pengurus MPN, MPW, MPC dan seluruh kader Pemuda Pancasila terutama kader Pemuda Pancasila Provinsi Banten. Bismillah, saya tegak lurus bersama rekan-rekan juang untuk membumikan Pancasila di Tanah Jawara,” tegas Johan.

Johan mengungkapkan, saat ini eksistensi Pancasila sedang diuji, dimana banyak kasus-kasus pelanggaran hukum di Indonesia.

BACA :  Kota Tangerang Nomor Satu Penyalahgunaan Narkoba di Banten

Hal ini menurutnya tidak lepas dari lunturnya nilai-nilai Pancasila di setiap pikiran warga negara tidak terkecuali warga di tanah Banten yang terkenal sebagai Tanah Jawara.

“Realitas saat ini, jauh berbeda dengan saat-saat awal kemerdekaan, dimana setiap warga negaranya menjunjung rasa persatuan yang berlandaskan sila-sila Pancasila,” ungkapnya.

Pancasila, lanjut Johan, mulai terkikis parah sejak teknologi digital berkembang sangat luar biasa. Era dimana generasi muda kita mengalami benturan-benturan langsung dengan berbagai ideologi dan pemikiran yang tidak terbatas melalui media digital.

Oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban semua untuk kembali membumikan Pancasila, yakni memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kaum muda bagaimana seharunya menjadi seorang Pancasilais.

“Jujur harus kita akui, saat ini nilai-nilai Pancasila sangat menyimpan banyak tangtangan. Oleh sebab itu kini saatnya generasi muda dan kita tanpa terkecuali memiliki kemampuan digital literasi sehingga mampu menekan sisi negatif era digital yang banyak memproduksi hoaks dan fake news atau berita bohong yang berimbas kepada perpecahan antara kita,” bebernya.

BACA :  Pajak Kendaraan Banten Bertambah Rp 250 M dari Tangerang

Untuk mengatasi semua persoalan tersebut, lanjutnya, dibutuhkan langkah cepat dan tepat akan tetapi harus sistematis agar proses membumikan kembali Pancasila tidak menimbulkan persoalan baru dimasyarakat kita. 

“Di Banten, MPW Pemuda Pancasila sedang dalam proses membumikan Pancasila, dengan bantuan semua rekan-rekan juang. Bismillah kedepan daerah lain akan menjadikan tanah jawara ini menjadi percontohan bagaimana seharusnya Pancasila tidak dijadikan slogan semata akan tetapi bagaimana Pancasila menjadi cara dan gaya hidup,” tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Wilayah MPW Pemuda Pancasila Banten, Pujiyanto mengatakan, ia akan memberikan semua yang terbaik untuk membantu mewujudkan apa yang disampaikan Ketua MPW Pemuda Pancasila Banten.

“Seluruh Pengurus Pemuda Pancasila yang ada di Banten harus satu komando, tidak ada kata tidak bisa, kita harus melangkah bersama, belajar bersama karena ini untuk kebaikan kita semua,” tegasnya.

BACA :  Hewan Positif PMK Dijadikan Kurban Sah? Begini kata MUI Kab. Serang

Apa yang disampaikan oleh ketua MPW Pemuda Pancasila Banten, menurut Pujiyanto, adalah visi besar yang hanya bisa diwujudkan jika semua pengurus dan kader turut serta.

“Dalam proses membumikan Pancasila di Tanah Jawara kita akan dihadapkan dengan orang-orang sampai kelompok-kelompok yang selama ini dikenal intoleran terhadap komunitas lain yang berbeda, dan kita Pemuda Pancasila harus siap,” tutup Pujiyanto.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler