Pria Berikat Kepala Baduy Muncul Ambil Alih Tugas Wali Kota Tangerang Jadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda

Date:

Penampakan saat Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kota Tangerang, Jumat, 28 Oktober 2022. Seorang anak muda berikat kepala Suku Adat Baduy menggantikan Wali Kota Tangerang menjadi Inspektur Upacara.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Seorang pria muda mengenakan ikat kepala dari kain tenun khas Suku Adat Baduy, tiba-tiba ‘mengambil alih’ peran Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 yang digelar di Alun Alun Kota Tangerang, Jumat, 28 Okgtober 2022.

Si pemuda yang mengambil alih peran Wali Kota Tangerang ternyata diketahui bernama Azmi Rahadi. Lalu, apa alasan dia tiba-tiba muncul di tengah momen resmi tersebut?

Ternyata, penampakan ‘tak lazim’ seorang Azmi Rahadi itu bukan sebuah kebetulan. Dia ditugaskan khusus oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah untuk menjadi inspektur upacara.

Arief R. Wismansyah yang hadir dalam upacara peringatan HSP menjelaskan, pada upacara ini dirinya memberikan kesempatan bagi pemuda berprestasi untuk unjuk gigi dalam peringatan yang rutin digelar setiap tahun.

“Ngasih kesempatan untuk pemuda-pemuda berpretasi untuk jadi petugas upacara,” terangnya seperti dilansir keterangan resmi.

“Tadi yang jadi inspektur juara 1 pemuda inspiratif tahun 2021,” sambungnya.

Selain Azmi, dalam upacara Peringatan HSP di Kota Tangerang itu turut dilibatkan juga sejumlah pemuda berprestasi lainnya di Kota Tangerang, yakni anggota Paskibra Provinsi Banten, atlet, pengusaha, hafidz dan juara 1 pertukaran pemuda antar negara.

Tak hanya itu, pejabat tinggi pratama Pemkot Tangerang yang hadir juga turut memberikan warna berbeda pada peringatan HSP yang mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa” tahun ini. Mereka datang dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. 

“Ini jadi simbol keanekaragaman budaya serta persatuan sebagai sebuah kota yang heterogen,” beber Arief.

Seusai upacara, Azmi yang bertugas sebagai inspektur upacara mengungkapkan, dirinya sempat deg-degan menjalankan tugasnya. Kesempatan tersebut menjadi yang pertama baginya, terlebih tugasnya menggantikan peran wali kota selaku inspektur dalam peringatan hari bersejarah bagi pemuda di Indonesia.

“Awalnya deg-degan tapi setelah dijalani ternyata bisa menjalankan tugas,” tukasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...