Donasi PT Krakatau Posco di Lokasi Gempa Cianjur; Air Bersih Kini Mengalir, Masjid-masjid hingga Toilet Umum Dibangun

Date:

Pembangunan pipanisasi sepanjang 3 kilometer untuk kebutuhan air bersih di lokasi gempa Cianjur bisa terwujud berkat donasi PT Krakatau Posco. FOTO: Jajaran PT Krakatau Posco berfoto dengan latar tempat penyimpanan air bersih. (Istimewa)

Berita Cilegon – Air bersih yang menjadi kebutuhan utama manusia, kini mulai mengalir di lokasi gempa Cianjur yang berada di Desa Sukajaya,Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Air bersih tersebut mengalir setelah dibangun program pipanisasi sepanjang 3 kilometer di kawasan tersebut. Proyek pipanisasi bisa terlaksana setelah PT Krakatau Posco menyalurkan donasi senilai Rp 128 juta untuk membantu mewujudkan hidup bersih dan sehat bagi warga terdampak gempa.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Department Head PR & GA Krakatau Posco, Edwin Sumiroza bersama dengan Serikat Karyawan Krakatau Posco (SKKP), pada Jumat, 13 Januari 2023 melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur.

Menurut Edwin, program ini diinisiasi pihaknya karena pasca gempa bumi terjadi warga Desa Sukajaya, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat sulit mendapatkan air bersih.

Akibat gempa sumber air seperti sumur bor dan resapan menghilang, sehingga pada akhirnya masyarakat terpaksa harus menggunakan air dari saluran pembuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Upaya penyediaan air bersih ini akan dilakukan melalui PMI Cianjur yang tergabung dalam program “WASH” yaitu water, sanitation, dan hygiene,” ungkap Edwin.

Tak hanya program pipanisasi air bersih, Edwin mengatakan, PT Krakatau Posco juga membantu dalam setiap pembangunan fasilitas umum, seperti kamar mandi umum, toilet umum, serta perbaikan untuk rumah ibadah yaitu masjid-masjid yang berada di lingkungan desa tersebut.

“Kami sangat prihatin dengan keadaan yang terjadi, karena air bersih merupakan salah satu kebutuhan primer bagi kita sebagai manusia,” ucap Edwin.

“Dan setelah kami mendapatkan masukan dari pihak PMI Cianjur dan Cilegon akhirnya kami melakukan survei untuk mendapatkan data kongkret, dan kami memutuskan untuk bekerja sama dengan PMI untuk menyalurkan bantuan ini, utamanya untuk pengadaan air bersih selanjutnya untuk membantu dalam pembangunan dan perbaikan fasilitas umum di lingkungan desa ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, PT Krakatau Posco telah memberikan bantuan tanggap bencana dengan memberikan donasi melalui BPBD Cianjur berupa bantuan darurat seperti makanan, terpal, alat memasak, dan lainnya pada bulan November 2022.

Program-program kemanusian tersebut dilakukan PT Krakatau Posco selaku industri yang menjalankan peran perusahaan sesuai dengan fokus Corporate Citizenship PT Krakatau Posco.

“PT Krakatau Posco saat ini program yang berfokus terhadap bantuan air bersih dan sanitasi, maka Krakatau Posco berusaha untuk selalu aktif membantu dalam menyelesaikan masalah sosial kemasyarakatan baik secara lokal maupun nasional, demi membantu kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih layak dan merata,” pungkas Edwin.(ADV)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...