Dear Warga! Kalian Bisa Terlibat Menangani Sampah, Bahkan Bisa Dapat Cuan Juga Loh

Date:

Salah satu aktivitas Bank Sampah di Kabupaten Tangerang. DLHK Kabupaten Tangerang mengajak warga berkolaborasi dalam penanganan sampah. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Sampah menjadi persoalan serius yang dihadapi seluruh masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan. Penanganan sampah tak bisa diserahkan hanya kepada pemerintah saja, melainkan butuh keterlibatan seluruh masyarakat.

Masyarakat yang terlibat langsung dalam penanganan sampah, bukan hanya membantu pemerintah, namun juga bisa mendapatkan cuan alias keuntungan dalam bentuk uang. Lalu, bagaimana caranya?

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik mengatakan, salah satu cara kolaborasi masyarakat dengan pemerintah dalam penanganan sampah adalah dengan memanfaatkan kehadiran bank sampah yang menerapkan prinsip 3R alias reduce, reuse, dan recycle.

Semangat Kolaborasi

Menjelang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), DLHK Kabupaten Tangerang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi dalam mengelola sampah khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

Menurut Achmad Taufik, setiap tahunnya volume sampah di Kabupaten Tangerang mengalami peningkatan. Sampah yang dihasilkan masyarakat Kabupaten Tangerang mencapai 2,2 ton per harinya. Bila tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi masalah serius.

“Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, kami meminta kepada masyarakat untuk turut serta dengan memanfaatkan kehadiran bank sampah dan TPS3R (Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle), sehingga nantinya dapat mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS),” ujarnya Jumat, 17 Februari 2023 seperti dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Memilah Sampah

Achmad Taufik menyampaikan, masyarakat dapat memilah sampah sebelum dibuang dan diangkut kendaraan UPT Kebersihan. Selain dapat mengurangi sampah, dengan hadirnya bank sampah ini juga dapat dijadikan sumber penghasilan masyarakat.

“Untuk sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga juga bisa diolah menjadi hal yang berguna. Sampah plastik dapat didaur ulang menjadi barang serbaguna dan juga kerajinan tangan, sampah organik juga bisa diubah menjadi pupuk dan maggot atau belatung untuk pakan ternak,” katanya.

Selain itu, kolaborasi dari semua pihak juga sangat dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan sampah.

Pengelolaan sampah, lanjutnya, juga bisa mulai dilakukan dari tingkat paling bawah, seperti dari pengurus lingkungan, komunitas hingga masyarakat umum.

“Pada intinya, kolaborasi sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Tangerang,” sambungnya.

Program Bank Sampah adalah suatu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah di tingkat masyarakat. Kehadiran Bank Sampah ini juga diharapkan dapat mengubah sudut pandang masyarakat bahwa sampah mengandung potensi ekonomi (economic opportunity) kerakyatan, yaitu adanya kesempatan kerja dan penghasilan tambahan dari tabungan di bank sampah.

Achmad Taufik membeberkan, pada HPSN nanti, DLHK Kabupaten Tangerang akan mengadakan kegiatan gerakan kebersihan. Ada 185.000 orang yang nantinya akan terlibat dalam gerakan tersebut yang terdiri dari unsur perangkat daerah, pihak kecamatan, desa, dan masyarakat.

“Kami juga akan adakan launcing Bank Sampah Induk Gemilang (Gerakan Memilah Sampah Menjadi Uang). Semoga dengan gerakan tersebut dapat terwujud pembangunan lingkungan yang bersih dan hijau guna menciptakan masyarakat yang sehat,” kata Taufik.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Al Muktabar Ingin Gen Z di Banten Produktif dan Visioner, Bagaimana Caranya?

Berita Banten - Generasi Z alias Gen Z di...

Sah! Azizan-Yulli Kang Nong Kabupaten Serang 2024, Ini Susunan Lengkap Pasangan Pemenang

Berita Serang - Pasangan Rizky Azizan Ghofur (Azizan) dan...

Ssttt.. Kawasan Kuliner Parlan Alun-alun Ahmad Yani Bakal Booming, Pj Wali Kota Sudah Kasih Testimoni

Berita Tangerang - Kota Tangerang dikenal sebagai pusatnya kuliner....