Pintu Keluar – Masuk Stasiun Rangkasbitung Disarankan Pindah ke Arah Terminal Kalijaga

Date:

FOTO ILUSTRASI. Kondisi stasiun Rangkasbitung saat diterapkan penghentian sementara layanan naik-turun Penumpang. (Bantenhits/Fariz Abdullah)

Berita Lebak- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak meminta agar pintu masuk ataupun keluar stasiun Rangkasbitung dipindahkan ke arah Jalan Sunan Kalijaga dan Terminal Kalijaga.

Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan karena akses yang saat ini digunakan melalui jalan Tirtayasa dan Hardiwinangun sering menimbulkan kemacetan.

Apalagi, Stasiun Rangkasbitung Ultimate akan mulai dilaksanakan pada bulan April 2023.

“Kalau akses keluar stasiun ini melalui Tirtayasa, nantinya akan mengundang macet,”kata Kepala Dishub Lebak, Rully Edward, Kamis, 23 Februari 2023.

“Yang jelas seperti angkot bahkan berdasarkan SK tidak ada angkot atau kendaraan apapun melalui jalur Tirtayasa dan Hardiwinangun itu,”tambah dia.

Dampak lainnya, menurut Rully, pedagang juga bermunculan di samping Jalan Pasar Rangkasbitung karena banyaknya masyarakat yang keluar masuk Stasiun Rangkasbitung.

“Jadi akhirnya menimbulkan kemacetan bahkan setiap hari, bahkan sekarang di dalam pasar itu ada pangkalan ojek,”tuturnya.

Untuk diketahui saat ini, gerbang utama keluar dan masuk Stasiun Rangkasbitung yakni mengarah ke jalan Tirtayasa dan Hardiwinangun.

Dua jalan ini yang setiap harinya sering menimbulkan kemacetan di area Pasar Rangkasbitung.

Rully berharap bahwa akses masuk keluar masuk stasiun ini dari jalan Sunan Kalijaga ke terminal.

“Oleh karena itu kami mengusulkan Tirtayasa itu kalo bisa ditutup. Jadi akses masuk ke stasiun ini hanya satu titik dari Kalijaga sja,” katanya.

Menanggapi permintaan dari Dishub Lebak, Tim Pembangunan dari Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Alexander Reinhard, mengatakan, akan berkoordinasi dengan Pemkab Lebak.

“Itu kita akan kita koordinasikan lagi dengan Pemda Lebak lanjutannya untuk koordinasi teknis secara langsung,” katanya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Alex menyampaikan, terkait dengan pemindahan gerbang tersebut, sekaligus untuk pemanfaatan Terminal Sunan Kalijaga.

“Jadi jalur tersebut langsung ke terminal, jadi pemanfaatan terminal juga yang saat ini, mati suri yah. Jadi orang tidak mau kesaana, tetapi masih ada terminalnya. Jadi nanti kita akan fasiltasi dari stasiun Rangkasbitung ke Terminal Sunan Kalijaga,” ucapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...