Program Gratisan Dinkes Kabupaten Tangerang Ini Penting Banget untuk Pelaku Industri Rumah Tangga Pangan, Buruan Daftar!

Date:

Industri rumah tangga pangan atau IRTP merupakan salah satu sektor yang mengalami perkembangan pesat di Kabupaten Tangerang. Karena itu Dinkes Kabupaten Tangerang saat ini memperketat pengawasan dan memperbanyak edukasi keamanan pangan pada IRTP. ILUSTRASI: Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar bersama Yuli Zaki Iskandar menunjukkan produk UMKM yang dipamerkan di Kabupaten Tangerang Expo. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Kabar baik buat pelaku industri rumah tangga pangan (IRTP) di Kabupaten Tangerang. Saat ini, Dinas Kesehatan atau Dinkes Kabupaten Tangerang tengah gencar menggelar penyuluhan keamanan pangan.

Penyuluhan keamanan pangan merupakan persyaratan untuk mendapatkan sertifikat penyuluhan keamanan pangan (SPKP) yang menjadi salah satu persyaratan dalam mendapatkan izin edar PIRT/ SPPIRT.

Kepala seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Desi Tirtawati, S.Farm., Apt mengatakan, tahap pertama penyuluhan keamanan pangan ini telah dilakukan sejak 28 Februari 2023 – 1 Maret 2023 di Hotel Lemo, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

“Total peserta penyuluhan berjumlah 100 orang yang dibagi dalam 2 gelombang,” ujar Desi saat dikonfirmasi, Kamis, 2 Maret 2023 seperti dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Buat pelaku industri rumah tangga pangan yang belum mendapat giliran penyuluhan, tak perlu khawatir. Dinkes Kabupaten Tangerang akan menggelar penguluhan sebanyak 8 kali sepanjang 2023 dengan kuota peserta pelatihan 50 orang untuk setiap gelombang.

program penyuluhan ini tak dipungut biaya alias gratis. Pelaku industri rumah tangga pangan yang igin mendapatkan penyuluhan bisa mendaftar melalui web Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

“Untuk para pelaku usaha pangan rumahan yang ingin mengikuti kegiatan penyuluhan keamanan pangan ini dapat mendaftar melalui web Dinas Kesehatan. Penyuluhan tersebut gratis tanpa dipungut biaya apapun,” jelas Desi.

Industri Rumah Tangga Pangan Berkembang Pesat

Dinkes Kabupaten Tangerang saat ini memperketat pengawasan dan memperbanyak edukasi keamanan pangan pada IRTP sebagai salah satu sektor yang mengalami perkembangan cukup pesat.

Penyuluhan keamanan pangan merupakan program rutin sebagai upaya mengedukasi pelaku IRTP baru yang belum memiliki izin.

Menurut Desi, perkembangan IRTP di Kabupaten Tangerang terus mengalami lonjakan sangat signifikan setiap tahunnya, sehingga harus diimbangi juga dengan edukasi keamanan pangan.

“Setiap tahun meningkat, bahkan sekarang produknya lebih inovatif dari segi bahan, cita rasa dan kemasan,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...