Kabupaten Tangerang Sukses Raih Universal Health Coverage, Transformasi Pembiayaan Kesehatan Ini Bisa Diterapkan di Banten

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Banten yang digelar di Hotel Horison Serpong, Kota Tangerang, Rabu, 8 Maret 2023. Zaki dipilih menjadi narasumber karena keberhasilan dan prestasinya dalam dunia kesehatan serta mampu membawa Kabupaten Tangerang berhasil menuju UHC hampir 99 persen.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang telah berhasil menerapkan transformasi pembiayaan kesehatan yang efektif dan menyeluruh untuk warganya.

Kabupaten Tangerang pun telah berhasil meraih Universal Health Coverage (UHC) dengan capaian lebih dari 95 persen pada Oktober 2022.

Atas capaian tersebut, Kabupaten Tangerang meraih piagam penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan Pusat bertepatan dengan HUT Kabupaten yang ke-390 yang lalu.

Keberhasilan tersebut dipaparkan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Banten yang digelar di Hotel Horison Serpong, Kota Tangerang, Rabu, 8 Maret 2023.

Zaki dipilih menjadi narasumber karena keberhasilan dan prestasinya dalam dunia kesehatan serta mampu membawa Kabupaten Tangerang berhasil menuju UHC hampir 99 persen.

“Kabupaten Tangerang melampui target UHC yang dipersyaratkan yaitu 95 persen. Dan capaian Kabupaten Tangerang 95,37 persen,” ungkap Zaki seperti dilansir keterangan resmi.

“Kemudian, pada bulan Maret 2023, capaian Kabupaten Tangerang adalah 98,35 persen atau sekitar 3.163.318 peserta. Sedangkan untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD-nya sendiri mencapai 154.528 peserta,” sambungnya.

Zaki menambahkan untuk pembiayaan atau APBD yang dialokasikan untuk bidang kesehatan di Kabupaten Tangerang lebih dari 10 persen.

Menurutnya sebelum ada program BPJS, Pemerintah Kabupaten Tangerang telah memiliki program Jamkesda untuk warga Kabupaten Tangerang yang kurang mampu.

“Saya harap kepada seluruh jajaran dan stakeholder bidang kesehatan di Provinsi Banten untuk lebih solid lagi dan lebih saling berkoordinasi lebih baik untuk mencapai tujuan kita bersama demi masyarakat Banten yang lebih sehat,” tuturnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Al Muktabar Ingin Gen Z di Banten Produktif dan Visioner, Bagaimana Caranya?

Berita Banten - Generasi Z alias Gen Z di...

Sah! Azizan-Yulli Kang Nong Kabupaten Serang 2024, Ini Susunan Lengkap Pasangan Pemenang

Berita Serang - Pasangan Rizky Azizan Ghofur (Azizan) dan...

Ssttt.. Kawasan Kuliner Parlan Alun-alun Ahmad Yani Bakal Booming, Pj Wali Kota Sudah Kasih Testimoni

Berita Tangerang - Kota Tangerang dikenal sebagai pusatnya kuliner....