Respons Keluhan Warga, DPRD Lebak Gelar RDP dengan RSUD dr. Adjidarmo

Date:

Komisi III DPRD Lebak saat gelar RDP dengan RSUD dr. Adjidarmo. (Istimewa)

Berita Lebak– DPRD Kabupaten Lebak menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan RSUD dr. Adjidarmo, Senin, 27 Maret 2023.

Rapat yang digagas oleh Komisi III DPRD Lebak itu membahas soal keluhan pasien BPJS terhadap ketersediaan obat di rumah sakit berpelat merah tersebut.

Hadir dalam acara, Ketua Komisi III Eko Prihardiono, Direktur RSUD dr. Adjidarmo Budhi dan beberapa anggota komisi III lainnya.

Sekretaris Komisi III DPRD Lebak Medi Juanda mengatakan, RDP itu untuk meminta keterangan secara langsung dari pihak rumah sakit atas keluhan masyarakat mengenai kekosongan obat.

“Kami dapat penjelasan dari Direktur RSUD bahwa ada keterlambatan distributor,” kata Medi.

Politisi Partai NasDem ini mengaku sudah menekankan kepada manajemen RSUD agar kekosongan obat yang diakui setiap tahun terjadi tidak kembali terulang.

“Kami tekankan bahwa kami tidak ingin mendengar lagi seperti ini kedepannya, karena ini Pak Direkturnya baru, lalu teman-teman manajemen nya juga banyak yang kemarin dirombak,” ungkap Medi.

Sementara Ketua Komisi III Eko Prihardiono menambahkan, kekosongan obat tidak boleh lagi terjadi di RSUD. Ia juga meminta rumah sakit tidak membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan antara pasien yang satu dengan pasien yang lain.

“Kita tidak mau tau lagi ada keterlambatan atau kekosongan obat, karena ini menjadi tanggung jawab rumah sakit,”kata dia.

“Rumah sakit harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, siapapun pasien yang dilayani harus jadi prioritas agar RSUD ini bisa jadi andalan warga Lebak dalam pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Dilain pihak, Direktur RSUD dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak dr. Budhi Mulyanto mengatakan, penyebab kosongnya beberapa jenis obat dikarenakan belum tersedianya obat yang akan dibeli pada awal tahun di e-Katalog.

“Pengadaan (obat) utama kita di e-Katalog, nah banyak item obat yang belum tersedia di sana. Karena sesuai arahan presiden, semua barang dan jasa milik pemerintah diutamakan melalui e-Katalog,” kata Budhi.

Menurut Budhi, kekosongan obat-obatan tertentu memang selalu terjadi pada awal tahun. Tidak hanya di RSUD Adjidarmo melainkan juga di rumah sakit yang lain.

“Memang ketersediaan di awal tahun kurang atau tidak ada sama sekali, dan ini kami akui karena kesalahan kami dalam membuat buffer stock untuk tiga bulan terakhir, seharusnya di akhir tahun kami bisa menyiapkan stok untuk tiga bulan ke depan,”tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...