Berkat Kesabaran Petugas Satpol PP, Perempuan Pasien Rumah Sakit Jiwa Ini Bisa Kumpul Lagi dengan Keluarga

Date:

Seorang perempuan dengan gangguan kejiwaan saat diajak berkomunikasi oleh petugas Satpol PP Kabupaten Tangerang. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Seorang perempuan diduga orang dengan gangguan kejiwaan atau ODGJ yang tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit jiwa (RSJ) di Jakarta Barat, bisa kembali berkumpul dengan keluarga setelah kabur dari rumahnya.

Perempuan dengan gangguan kejiwaan ini bisa kembali ke rumah berkat kesabaran dan ketelatenan petugas Satpol PP Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum, M. Syahdan mengungkapkan, setelah perempuan tersebut diserahkan ke Kantor Satpol PP, pihaknya mencoba mengorek identitasnya. Namun, karena mengalami gangguan jiwa, perempuan ini sulit berkomunikasi.

Namun, kata Syahdan, pihaknya tak menyerah. Petugas terus mengajak wanita tersebut untuk berkomunikasi secara perlahan untuk mendapatkan identitasnya.

“Setelah dilakukan upaya komunikasi, secara perlahan wanita ini mau mengungkapkan bahwa dirinya ini bernama Sarah yang tinggal di sebuah Kampung Eretan, Desa Pasir Barat, Kecamatan Jambe,” ujar Syahdan dilansir laman resmi Pemkab Tangerang, dikutip BantenHits.com, Jumat, 14 April 2023.

Setelah mendapatkan informasi alamat wanita itu, petugas Satpol PP kemudian berkoordinasi dengan pihak Desa Pasir Barat, dan membawa wanita tersebut ke kantor desa untuk dijemput oleh keluarga.

Ekspresi kegembiraan terpancar jelas saat pihak keluarga bisa bertemu kembali dengan anak perempuan mereka yang sempat hilang. Mereka menyebut sudah mencoba mencari anak perempuan itu ke sejumlah wilayah.

“Saya sangat berterima kasih kepada Satpol PP Kabupaten Tangerang yang sudah menemukan anak kami ini, dan membawanya kepada kami, semenjak anak kami ini kabur dari rumah, kami sudah mencarinya kemana-mana,” ujar salah seorang keluarga.

Dari keluarga, petugas Satpol PP mendapatkan informasi, wanita tersebut baru saja selesai menjalani pengobatan kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang berada di Grogol, Jakarta Barat. Sebelumnya, pihak keluarga sudah menjaga wanita ini agar tidak keluar rumah.

Namun, tanpa diketahui keuarga, perempuan muda ini kabur dan berjalan kaki mengarah ke gedung Polres Kota Tangerang.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...