Disbudpar Lebak Targetkan 30 Ribu Wisatawan Kunjungi Seba Baduy 2023

Date:

FOTO ILUSTRASI. Ribuan masyarakat Baduy ketika tiba di Alun-alun Rangkasbitung dan akan melaksanakan Seba di Pendopo Bupati Lebak.

Berita Lebak– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lebak menargetkan 30 ribu wisatawan berkunjung pada Seba Baduy tahun 2023.

Kunjungan itu diprediksi bakal tercapai lantaran dalam acara yang telah mendunia itu juga akan digelar beberapa hiburan untuk memanjakan masyarakat lokal maupun mancanegara seperti produk UMKM hingga pentas seni budaya sebelum dan sesudah seba baduy.

Puncak Seba Baduy yang akan digelar pada 28 April 2023. Namun, terlebih dahulu akan dibuka even festival Seba Baduy mulai 27 April sampai dengan 30 April 2023.

“Masyarakat adat Baduy Dalam jalan kaki dari Ciboleger ke Rangkasbitung, sedangkan untuk masyarakat adat Baduy Luar naik kendaraan,” kata Kepala Disbudpaar Lebak Imam Rismahayadin, Rabu, 12 April 2023.

“Target kunjungan wisatawan mencapai 30 ribu orang. Kita optimistis, bisa tercapai,”tambah dia.

Menurutnya, Seba Baduy merupakan tradisi unik yang tidak ada di kabupaten/kota lain di Indonesia. Tradisi tersebut sudah dilaksanakan sejak zaman Kesultanan Banten. Masyarakat adat harus jalan kaki puluhan kilometer untuk bersilaturahmi dengan pemimpin pemerintahan.

“Ya, hampir setiap tahun tadisi yang unik ini selalu menarik wisatawan, karenanya kita siapkan berbagai kegiatan untuk menghibur wisatawan yang datang ke Lebak,” imbuhnya.

Kata dia, tradisi Seba Baduy harus dilestarikan. Apalagi, tradisi tersebut telah menjadi destinasi wisata unggulan di Lebak. Karenanya, pemerintah harus mengoptimalkan potensi wisata tersebut untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat di daerah.

“Seba Baduy selalu menarik perhatian masyarakat di dalam maupun luar negeri,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Disbudpar Lebak Luli menambahkan, jumlah warga Baduy yang akan ikut dalam Seba nanti diperkirakan mencapai 1.500 warga Baduy.

Mereka, lanjut Luli, akan bersilaturahim dengan Bupati dan setelah itu melakukan Seba kepada Bapak Gede (Gubernur Banten) di Serang.

“Dari surat yang kita terima dari Desa Kanekes warga Baduy yang akan ikut seba mencapai 1.500 orang. Saya berharap, kegiatan Seba Baduy berjalan tertib dan lancar,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...