Dear Ortu, Please Lakukan Komunikasi yang Baik sejak Dini dengan Anak! Ini Manfaatnya

Date:

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat menjadi narasumber webinar parenting yang mengusung tema Membentuk Pondasi Pribadi Anak Masa Depan Dengan Pola Komunikasi yang digelar Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jumat, 14 April 2023. (Foto: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Komunikasi orangtua dengan anak sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri pada anak dan membuat anak merasa lebih berharga.

Komunikasi juga dapat membangun konsep diri anak yang positif, dan dapat membantu anak dalam membangun hubungan sosialnya.

Demikian disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat menjadi narasumber webinar parenting yang mengusung tema Membentuk Pondasi Pribadi Anak Masa Depan Dengan Pola Komunikasi PRADA (Get Prepared, Get Rapport, Get Attention, Get Desired, Get Action).

Kegiatan ini digelar Dinas Pendidikan Kota Tangerang dan diikuti para pengawas, kepala sekolah serta para orang tua siswa se-Kota Tangerang, Jumat, 14 April 2023.

“(Komunikasi orangtua dengan anak) sangat penting karena selain meningkatkan kepedean, juga membuat anak merasa lebih berharga, membangun konsep diri anak yang positif, dan dapat membantu anak dalam membangun hubungan sosialnya,” kata Arief dalam keterangannya melalui laman resmi Pemkot Tangerang dikutip Senin, 17 April 2023.

“Mungkin kita pernah melihat anak kecil yang pemalu di depan orang lain, Hal ini mungkin salah satunya disebabkan karena komunikasi orang tua dengan anak kurang terjalin dengan baik,” sambungnya.

Arief menambahkan, kemampuan orang tua dalam mendengarkan anak sejatinya sangatlah penting untuk membangun komunikasi yang efektif.

“Komunikasi yang baik dengan anak tidak hanya melibatkan mereka dalam pembicaraan saja, terlebih orang tua harus mendengarkan anak. Maka, komunikasi dua arah dapat terjadi antara orangtua dan anak,” jelasnya.

“Untuk itu dalam webinar ini sangat penting bagi kita orangtua untuk memahami pola komunikasi yang tepat.” imbuhnya.

Lebih lanjut, Arief berpesan kepada para guru dan orang tua agar lebih sabar dan selalu menanamkan nilai-nilai moral serta nilai agama di dalam mendidik dan berkomunikasi kepada anak.

“Tentunya kesabaran juga menjadi salah satu faktor penting dalam berkomunikasi dengan anak, dan tentunya dalam komunikasi tersebut hendaknya selalu kita hiasi dengan nilai-nilai agama agar nantinya anak-anak kita menjadi penerus bangsa yang bermoral dan bermasa depan gemilang.” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...