Danlanal Banten Ungkap Proses Evakuasi KMP Royce I yang Terbakar di Pulau Tempurung

Date:

Suasana KMP Royce I saat sandar di Dermaga III Pelabuhan Merak, Minggu, 7 Mei 2023. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Berita Cilegon – Kapal Motor Penumpang (KMP) Royce I yang baru beberapa saat bertolak dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni tiba-tiba terbakar di Perairan Selat Sunda tepatnya di Pulau Tempurung, Sabtu sore, 6 Mei 2023.

Tidak ada korban jiwa dilaporkan pada peristiwa ini. Saat kejadian, puluhan penumpang nekat terjun ke laut, ratusan lainnya dievakuasi tim penyelamat.

Sehari setelah peristiwa tersebut atau Minggu sore, 7 Mei 2023, KMP Royce I berhasil dievakuasi menggunakan dua kapal tuh boat ke Darmaga 3, Pelabuhan Merak.

Operasi SAR Lancar

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P), Dedi Komarudin, mengungkapkan, sebelum seluruh muatan kendaraan kapal dievakuasi, petugas gabungan terlebih dahulu melakukan pengecekan ke dalam kapal guna memastikan tidak adanya titik api di dalam kapal.

“Saat ini kapal sudah dievakuasi dan sandar di dermaga 3. Sementara kita masih melakukan pengecekan dulu memastikan lagi api benar benar padam dan kapal aman untuk dilaksana evakuasi,” ungkapnya.

Dedi membeberkan, selama operasi SAR laut semuanya berjalan lancar sesuai perencanaan, kemudian mengerahkan kapal ditunda dan 2 tugboat ia berharap proses evakuasi kendaraan dapat berjalan dengan lancar.

“Setelah dipastikan aman kendaraan yang ada di kapal baru boleh keluar. Mudah mudahan proses evakuasi kendaraan berjalan dengan lancar, ” ujarnya.

Saat dikonfirmasi terkait jumlah kendaraan yang terbakar di dalam kapal, Dedi tidak bisa memastikan berapa jumlah kedaraan yang terbakar karena masih dalam proses pendataan.

“Belum ada informasi penyebab kendaraan. Itu nanti dari KNKT yang akan memastikan penyebabnya apa masih proses. Nanti kita lihat, nanti kita hitung (kendaraan) karena ini kan baru sandar kapalnya, nanti akan dihitung jumlahnya berapa,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...