Realisasi Investasi Tertinggi di Banten, Ini Alasan Kenapa Kota Tangerang Layak Disebut Primadona Investor

Date:

Realisasi investasi di Kota Tangeranh menjadi yang tertinggi di Banten. Karenanya, Ini Kota Tangerang layak disebut primadona investor. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Kota Tangerang layak disebut sebagai primadona investor. Pasalnya, realisasi investasi di Kota Tangerang pada triwulan pertama 2023 menjadi yang tertinggi di Banten.

Sebelumnya, inflasi di Kota Tangerang terus mengalami penurunan dan masuk kategori terendah nasional. Dengan demikian, indikator makro pertumbuhan ekonomi di kota Tangerang menunjukkan tren positif.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menjabarkan pada triwulan pertama tahun 2023, angka realisasi investasi di Kota Tangerang secara keseluruhan berada di angka Rp 6,956 Triliun dan sekaligus menempati urutan pertama realisasi investasi tertinggi di Provinsi Banten.

“Di kuartal I, PMDN 2,58 Triliun sedangkan PMA sebesar Rp 4,373 Triliun,” ungkap Arief di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu, 11 Mei 2023 melalui keterangan resmi.

Arief menambahkan, realisasi investasi triwulan I di Kota Tangerang pada tahun 2023 mengalami peningkatan dibandingkan triwulan I tahun 2022, dimana secara Year on Year (YoY) untuk PMA mengalami peningkatan sebesar 309% dari Rp 1,07 Triliun pada triwulan I tahun 2022 menjadi Rp 4,38 Triliun pada triwulan I tahun 2023.

Sedangkan PMDN dari realisasi sebesar Rp 2,15 Triliun pada triwulan I 2022 naik menjadi Rp 2,58 Triliun pada triwulan I tahun 2023 atau meningkat sebesar 20%.

“Secara keseluruhan realisasi investasi pada triwulan I tahun 2023 meningkat 116% dibanding triwulan I tahun 2022,” jelasnya.

Unggul Geografis dan Demografis

Kenaikan realisasi investasi ini seolah menasbihkan kota Tangerang sebagai primadona investasi di Banten. Kondisi ini tentunya bukan tanpa alasan, karena menurut Arief, kota Tangerang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Banten.

“Antara lain karena keunggulan infrastruktur yang lengkap dan letak geografis Kota Tangerang yang sangat strategis,” terangnya.

“Belum lagi keunggulan demografis, dari 1,8 juta penduduk, 1,1 juta nya adalah usia produktif,” sambungnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang, realisasi investasi pada Januari-Desember 2022 mencapai Rp 13.05 triliun atau terealisasi sebesar 141, 74 persen.

Investasi tersebut berhasil melebihi target yang ditetapkan sebesar Rp 9.21 triliun berdasarkan data Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang disampaikan oleh pelaku usaha baik PMDN maupun PMA melalui oss.go.id.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...