Banyak Peluang Kerja di Luar Negeri, Disnaker Kabupaten Tangerang Akan Sediakan Informasi Resmi

Date:

isnaker Kabupaten Tangerang bersama Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten melakukan sosialisasi peluang kerja luar negeri, Senin, 3 Juli 2023. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Peluang kerja di luar negeri saat ini banyak tersedia. Namun, masyarakat yang berminat menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) harus memahami regulasi agar tak menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Karenanya, Dinas Tenaga Kerja atau Disnaker Kabupaten Tangerang akan menyediakan informasi resmi bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi peluang kerja di negeri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disnaker Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono saat Disnaker Kabupaten Tangerang bersama Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten melakukan sosialisasi peluang kerja luar negeri kepada 160 peserta, Senin, 3 Juli 2023.

Kegiatan ini digelar di dua lokasi yakni di Aula Disnaker Kabupaten Tangerang dan Kantor Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang.

“Ini dilakukan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat yang ingin mengejar karir di luar negeri,” kata Rudi melalui laman resmi Pemkab Tangerang.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga sebagai upaya pemerintah daerah dalam melindungi PMI, saat sebelum dan sesudah penempatan kerja di luar negeri.

“Tentunya lewat kegiatan ini kami ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa masih banyak peluang untuk berkarir dan bekerja di luar negeri. Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam pencegahan kasus tindak pidana perdagangan orang melalui jalur pemberangkatan PMI Non Prosedural,” jelasnya.

Dia menyampaikan, Disnaker Kabupaten Tangerang akan menyediakan informasi dalam rangka memperoleh kesempatan kerja di luar negeri bagi angkatan kerja muda di Kabupaten Tangerang. Sehingga nantinya dapat mengurangi angka pengganguran dan mempengaruhi penurunan angka kemiskinan.

Dalam hal melakukan penempatan kerja dan perlindungan kepada PMI di luar negeri, pemerintah Kabupaten Tangerang menjalin kerja sama dengan BP3MI Banten.

“Untuk mengatasi PMI yang pergi ke luar negeri tidak resmi, hendaknya tenaga kerja yang ke luar negeri perlu diawasi semua pihak. Tidak hanya peran dari Pemkab saja, namun perlindungan ini juga dilakukan oleh stakeholder terkait salah satunya adalah BP3MI Banten,” ujarnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini Masyarakat Kabupaten Tangerang yang akan bekerja di luar negeri dapat mengikuti aturan yg telah ditetapkan oleh pemerintah atau secara prosedural. Sehingga kedepan kasus pemberangkatan PMI non prosedural tidak ada lagi.

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Tangerang bisa membuka diri untuk bekerja di luar negeri, karena peluang bekerja bukan hanya di dalam negeri. Apabila akan bekerja ke luar negeri, dapat mengikuti aturan yg telah ditetapkan oleh pemerintah atau secara prosedural sehingga kasus pemberangkatan PMI non prosedural tidak ada lagi,” tutupnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...