Gap Elektabilitas Prabowo – Ganjar Makin Melebar

Date:

Gap elektabilitas calon presiden Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo kini semakin melebar berdasarkan hasil survei terkini LSI Denny JA. Prabowo secara konsisten sepanjang Mei, Juni, hingga Juli 2023 mengalami kenaikan elektabilitas dan meninggalkan Ganjar.(FOTO ILUSTRASI: RCTI+)

Berita Jakarta – Gap elektabilitas calon presiden Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo kini semakin melebar. Jika sebelumnya, elektabilitas kedua calon presiden ini selalu berselisih tipis, namun survei LSI Denny JA terkini menunjukkan Prabowo telah melampaui jauh Ganjar Pranowo.

Dalam rilis hasil survei LSI Denny JA, Senin, 31 Juli 2023 disebutkan, Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul elektabilitasnya sebagai calon presiden secara head to head atau berhadapan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam survei terbaru LSI Denny JA tersebut.

Diketahui, survei ini dilakukan pada periode 3 sampai 15 Juli 2023 dengan metode multistage random sampling. Adapun jumlah responden survei sebesar 1.200 orang. Teknik pengumpulan survei dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Survei ini memiliki margin of error lebih kurang 2,9 persen.

Konsisten Ungguli Ganjar

Direktur Citra Publik LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas menjelaskan, pihaknya dalam survei melempar pertanyaan kepada responden jika bila Pilpres digelar hari ini siapa yang akan dipilih Ganjar atau Prabowo. Hasilnya Prabowo unggul dengan angka 52 persen.

“Hasilnya head to head antara Prabowo dengan Ganjar. Prabowo di angka 52 persen versus Ganjar di angka 41,6 persen,” kata Hanggoro dalam paparannya secara daring, Senin, 31 Juli 2023 dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Sementara responden yang menyatakan tidak tahu tidak menjawab atau rahasia, sekitar 6,4 persen.

Menurutnya, dalam survei elektabilitas kedua figur terjadi dinamika yang cukup yang menarik dari bulan ke bulannya. Ia mengatakan, pada Januari Prabowo masih tertinggal dari Ganjar.

“Pada bulan Januari yang lalu, Prabowo masih tertinggal dibandingkan dengan Ganjar. Prabowo di angka 38,5 persen sementara Ganjar unggul di 43,1 persen,” tuturnya.

Kemudian, kata dia, pada Mei hingga Juni dan Juli secara konsisten Prabowo mengungguli Ganjar.

“Bahkan kalau kita lihat trennya semakin meningkat, gap-nya pun juga semakin lebar ya. Kalau pada bulan Mei yang lalu Prabowo unggul di 44,5 versus 38,1 persen, pada bulan Juni kembali meningkat gap-nya yaitu Prabowo unggul di 50,4 persen versus 43,2 persen. Terakhir pada survei bulan Juli ini Prabowo Subianto unggul di 52 persen versus 41,6 persen,” tuturnya.

“Ini adalah raihan yang cukup konsisten yang didapat oleh Prabowo dan apabila kondisi ini tidak berubah maka bisa saja ketika kita ketemu hari ini, mungkin saja trendnya akan terus meningkat bagi keunggulan Prabowo,” sambungnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 3 sampai 15 Juli 2023 dengan metode multistage random sampling.

Adapun jumlah responden survei sebesar 1.200 orang. Teknik pengumpulan survei dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Survei ini memiliki margin of error lebih kurang 2,9 persen.

Sumber: Suara.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Pesan dari Dua Prajurit Bhayangkara di Timnas U-23 untuk Kawula Muda! 

Berita Sepak Bola - Keberhasilan Timnas U-23 menembus semi...