Inovasi Mahasiswa Mulai Motor Listik, Robot hingga Mesin Dipamerkan di Tangerang Digital Festival 2023

Date:

Motor listrik hasil inovasi mahasiswa Universitas Budi Luhur dipamerkan di Tangerang Digital Festival yang digelar di Taman Elektrik, Puspemkot Tangerang, Sabtu-Ahad, 12-13 Agustus 2023. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Sejumlah karya hasil inovasi mahasiswa di Tangerang mulai motor listrik, robot dan sejumlah mesin dipamerkan di ajang Tangerang Digital Festival 2023 yang digelar di Taman Elektrik, Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Event yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang ini sukses menyedot animo masyarakat.

Dilansir laman resmi Pemkot Tangerang, pembukaan Tangerang Digital Festival 2023 berlangsung meriah. Sejumlah stand kolaborasi antara edukasi, informasi, dan digitalisasi ekonomi di Kota Tangerang pun tersaji di 100 lebih stand yang dibuka.

Seperti 25 stand pelayanan digital Pemkot Tangerang hingga karya inovasi teknologi dari berbagai kampus ternama di kota Tangerang.

“Tangerang Digital Festival resmi dibuka dan akan berlangsung hingga Minggu 13 Agustus. Tadi telah tersaji penampilan seluruh OPD dan Kecamatan dengan beragam kebudayaan dan informasi digital dimasing-masing dinasnya,” ungkap Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti.

Selain stand UMKM, lanjutnya, yang patut dikunjungi para pengunjung ialah stand teknologi digital dari kampus.

Mulai dari Universitas Bina Nusantara dengan teknologi Real Time Interaktive, Virtual Reality (VR), dan Trailer Film.

Universitas Budhi Dharma dengan karya-karya produksi robotic, Swiss-German University dengan mesin sorting nori dan counting machine untuk mekanisme laundry dan lainnya.

“Beragam edukasi, pelayanan, hingga sajian produk UMKM bisa dinikmati warga Kota Tangerang dalam satu lokasi. Ayo ramaikan setiap kemeriahannya, gratis dan bertabur banyak doorprize menarik disetiap kegiatannya,” seru Indri.

Sajian Gerak Jalan Indah dari OPD dan Kecamatan terlihat sukses menghibur masyarakat. Mulai dari beragam kostum masing-masing daerah hingga beragam properti yang digunakan. Salah satunya Dinas Kesehatan (Dinkes) yang menampilkan adat Bali lengkap dengan Sepeda Kemerdekan yang berkonsep Mobil Ambulans.

“Di Tangerang Digital Festival kita juga membuka stand pelayanan kesehatan. Mulai dari vaksinasi Covid-19 hingga pemeriksaan kesehatan gratis. Juga tersedia layanan konsultasi, semua gratis untuk seluruh pengunjung tanpa terkecuali,” kata Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni.

Sementara itu, stand Universitas Budi Luhur terlihat menampilkan tiga motor listrik dengan beragam keunggulannya, tentu ini merupakan hasil karya mahasiswa jurusan Elektro. Mulai dari motor sport hingga motor angkut barang dengan kekuatan listrik yang pastinya hemat biaya dan ramah lingkungan.

“Jika berkunjung ke Tangerang Digital Festival wajib ke stand Universitas Budi Luhur, melihat, belajar atau sekadar mencoba motor listrik buatan mahasiswa, wajib berkunjung,” kata Deswa, Peserta Universitas Budi Luhur.

Diketahui, selain Gerak Jalan Indah dan Gowes Kemerdekaan, Tangerang Festival Digital masih akan berlangsung Talkshow Sukses di Era Digital, Ngobrol Inspiratif Literasi Digital dengan tema Bijak Berinteraksi di Media Sosial, Nyoride, penampilan Sahitya Band, Kangen Band hingga Pesta Kembang Api.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....