Surveyor Terlatih Diturunkan di 34 Provinsi untuk Memotret Siapa Capres 2024 Pilihan Masyarakat, Hasilnya?

Date:

Lautan Manusia di Kampanye Akbar Prabowo-Sandi
Surveyor terlatih diturunkan di 34 Provinsi untuk memotret siapa Capres 2024 pilihan masyarakat. FOTO ILUSTRASI: Lautan manusia saat kampanye akbar Prabowo-Sand pada Pilpres  2019 lalu yang digelar di di GBK membentangkan bendera merah putih raksasa. (Foto: Indonesia today.com)

Berita Pilpres – Surveyor terlatih dari Voxpol Center Research and Consulting diturunkan di 34 provinsi di Indonesia selama kurun 24 Juli-02 Agustus 2023.

Para surveyor itu turun menggelar survei melalui wawancara mendalam secara tatap muka (face to face). Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling.

Jumlah sampel dalam survei adalah 1.200 dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar kurang lebih 2,83 persen.

Lalu apa hasil survei tersebut?

Hasilnya, elektabilitas calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago memaparkan, Ketua Umum Partai Gerindra itu mengantongi elektabilitas sebesar 53,2 persen saat dihadapkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar terkait siapa calon presiden yang akan dipilih di antara keduanya bila Pilpres dilakukan hari ini.

Sementara itu, elektabilitas Ganjar saat dihadapkan dengan Prabowo tercatat sebesar 34,3 persen.

“Pada simulasi ini, Prabowo unggul berhadapan dengan Ganjar dengan selisih elektabilitas 18,9 persen” kata Pangi dalam rilis survei terbarunya, Selasa, 15 Agustus 2023 dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

Keunggulan juga diperoleh Prabowo saat namanya dihadapkan secara head to head dengan Anies. Selisih elektabilitas keduanya terpaut 22,8 persen. Di mana elektabilitas Prabowo 54,8 persen, sedangkan Anies 32 persen.

Sementara itu, berdasarkan keterangannya terkait survei, Pangi turut memaparkan temuan pokok dan analisis dari survei ini adalah adanya temuan berkaitan dengan elektabilitas Prabowo yang unggul atas capres lain.

Pangi mengatakan dari segi elektabilitas menunjukkan bahwa Prabowo saat ini meraih elektabilitas tertinggi berada pada angka 33,6 persen, disusul Ganjar dengan elektabilitas 28 persen di posisi kedua dan Anies dengan elektabilitas 22,4 persen di posisi ketiga.

“Sisanya kandidat lain elektabilitasnya berada dibawah 5 persen,” kata Pangi.

Sumber: Suara.com

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....