Pesan Bupati Zaki untuk 21 Napi yang Sudah Bisa Kembali ke Tengah Masyarakat Lagi

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat menyerahkan SK kepada narapidana atau warga binaan di Rutan Jambe dan Ciangir yang mendapatkan remisi HUT Kemerdekaan RI ke-78. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Para narapidana atau warga binaan yang sudah bisa berkumpul dengan keluarganya setelah dapat remisi HUT Kemerdekaan RI ke-78, diharapkan memiliki semangat baru untuk lebih baik.

Mereka juga diharapkan bisa kembali berbaur di tengah masyarakat dan tak mengulangi lagi perbuatan pidana.

Pesan tersebut disampaikan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat menghadiri Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Rutan Kelas 1 Tangerang, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Kamis, 17 Agustus 2023.

Peringatan HUT RI ke-78 di Rutan Jambe ditandai dengan pemberian remisi kepada  818 narapidana. Remisi tersebut diberikan kepada narapidana dan warga binaan di Rutan kelas 1 Tangerang (Jambe) dan Lapas Terbuka Kelas II B Ciangir.

Tercatat, narapidana yang mendapatkan remisi umum 1 sebanyak 790 orang dengan ketentuan 1 sampai 5 bulan. Narapidana yang memperoleh remisi umum II sebanyak 28 orang, dan 21 orang narapidana di antaranya langsung bebas pada saat remisi diberikan.

Pada kesempatan itu, Zaki berkesempatan memberikan SK Remisi Umum bagi narapidana dan warga binaan.

Dalam sambutannya, Bupati Zaki mengatakan pemberian remisi ditujukan bagi narapidana dan warga binaan Rutan Kelas 1 Tangerang Kecamatan Jambe dan Lapas Terbuka Ciangir Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang. Dia mengucapkan selamat kepada para penerima remisi.

“Hari ini saya hadir dalam upacara pemberian remisi terhadap warga binaan di Rutan Kelas 1 Jambe dan Lapas Terbuka Ciangir. Saya ucapkan selamat kepada para warga binaan yang mendapatkan remisi hari ini,” kata Zaki melalui laman resmi Pemkab Tangerang.

“Untuk warga binaan yang baru saja dan yang akan mendapatkan remisi agar bisa kembali di tengah-tengah masyarakat dengan semangat yang baru. Jangan sampai terulang kembali hal-hal yang telah diperbuat sebelumnya,” sambungnya.

Dia juga Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kalapas dan seluruh jajarannya yang selama ini telah ikut membantu membina warga binaan yang ada di Tangerang.

Sementara itu Kepala Rutan Kelas 1 Tangerang Jambe, Zaenal Fikri mengatakan, pemberian remisi umum pada 17 Agustus tahun 2023 tersebut untuk narapidana dan warga binaan di Rutan kelas 1 Tangerang dan Lapas Terbuka Kelas II B Ciangir dalam rangka HUT ke-78 RI, berdasarkan SK Remisi Umum 17 Agustus dengan Nomor Pas-1379-1383-1390.PK.05.04 tahun 2023.

“Yang memperoleh remisi umum pada 17 Agustus sebanyak 818 orang narapidana dengan rincian narapidana yang mendapatkan remisi umum 1 sebanyak 790 orang dengan ketentuan 1 sampai 5 bulan, narapidana yang memperoleh remisi umum II sebanyak 28 orang, dan 21 orang narapidana diantaranya langsung bebas pada hari ini,” jelas Zaenal.

Menurut Zaenal, ada 7 orang narapidana masih memiliki subsider yang diganti dengan pidana penjara dengan besaran masing-masing. Untuk Lapas Terbuka Kelas II B Ciangir, narapidana yang mendapatkan remisi Umum 1 sebanyak 26 orang.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....

Langkah Sungguh-sungguh Para Pemangku Kepentingan Mewujudkan Banten yang Lebih Baik

Berita Banten - Langkah-langkah menuju Banten yang lebih baik...