Menparekraf Acungi Jempol untuk Pj Gubernur Banten yang Serius Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Date:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Sabtu, 19 Agustus 2023. Sandi memuji keseriusan Pj Gubernur Banten, Al Muktabar memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. (FOTO: bantenprov.go.id)

Berita Banten – Penjabat atau Pj Gubernur Banten, Al Muktabar dinilai serius mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Banten.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Kunjungan Sandi ke Desa Cikolelet dalam rangka Kunjungan Literasi Keuangan, Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) 2023.

Desa Cikolelet Maju Luar Biasa

Kunjungan Sandi ke Desa Cikolelet bukanlah yang pertama kali. Pada 2021 lalu Sandi juga pernah berkunjung ke Desa Cikolelet.

Bahkan menurut Sandi, kemajuan Desa Wisata Cikolelet ini dalam dua tahun terakhir sungguh sangat luar biasa. Dirinya mengingat ketika itu berkunjung ke sini, belum ada gapura, ruang pertemuan dengan konsep mini teater, serta hanya ada tiga homestay yang beroperasi.

“Tapi sekarang sudah maju. Ada gapura bambu yang cukup menarik, tempat pertemuan, serta 30 homestay yang beroperasi dimana sebelumnya hanya ada tiga saja,” ungkap Sandi dalam keterangan resmi Pemprov Banten.

Tidak sampai di situ, lanjut Sandi, kunjungan yang datang ke Desa Wisata di Banten meningkat hingga 30 persen salah satunya di Desa Cikolelet. Ini artinya perkembangan Desa Wisata di Provinsi Banten cukup signifikan.

“Peningkatan Kunjungan Desa Wisata di sini cukup luar biasa selain dari sektor pariwisata, ada UMKM dan ekonomi kreatif yang juga turut berkembang,” ucapnya.

Dikatakan Sandi, pihaknya memilih berkunjung ke Desa Cikolelet Kabupaten Serang Provinsi Banten ini lantaran tahun lalu Desa Cikolelet masuk ke dalam kategori Desa Wisata terbaik di Indonesia dengan dua penghargaan sebagai Desa Wisata Rintisan dan Desa Wisata Favorit pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

“Kami memilih Desa di Banten Karena Banten ini pemenang 2 (dua) tahun lalu, kami memberikan penghargaan kepada Desa di Banten serta memberikan dukungan Kepala Daerah terhadap Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” katanya.

Al Muktabar juga, tambahnya, tidak pernah miss setiap kali dirinya dan para menteri kunjungan ke Banten beliau selalu hadir dan mendampingi.

“Saya memberikan penghargaan kepada Banten dan keseriusan Pak Gubernur yang selalu memberikan satu penekanan dan kehadiran dalam kegiatan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” sambungnya.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar disambut dengan pemasangan ikat kepala (Lomar) khas Desa Cikolelet, pertunjukan pentas seni tradisional Desa Cikolelet serta pameran Ekonomi kreatif dan UMKM.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....