Dear Santri! Ada Pengembangan Pesantren Sehat di Kota Tangerang, Perhatikan Imbauan Ini!

Date:

Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang beserta Kementerian Agama Kota Tangerang, melaksanakan kegiatan Pengembangan Pesantren Sehat melalui Pendekatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan Pesantren sehat di Kota Tangerang.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Dear santri di Kota Tangerang! Jangan lewatkan informasi penting dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berikut ini.

Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang beserta Kementerian Agama Kota Tangerang, melaksanakan kegiatan Pengembangan Pesantren Sehat melalui Pendekatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan Pesantren sehat di Kota Tangerang.

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengungkpakan, pada tahap awal pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di lima pesantren di Kota Tangerang.

Kegiatan ini salah satunya dilakukan bersama dengan Puskesmas Ketapang di Pesantren Modern Tahfidz Darul Quran, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat, 22 September 2023.

“Kami ingin para santri di Pesantren dapat berperan aktif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat pesantren dengan menerapkan perubahan perilaku sehat di lingkungan yang aman dan sehat,” kata dr. Dini Anggraeni dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkota.go.id.

“Pada tahap awal, kami melakukan ke lima pesantren dari lima kecamatan. Dimana Pesantren Daarul Quran ini merupakan pesantren ketiga yang kami kunjungi,” sambungnya.

Selain Pesantren Modern Tahfidz Daarul Quran, lanjutnya, kelima pesantren itu di antaranya Pesantren Puteri At-Taqwa, Kecamatan Benda, Pesantren Al Hasyimiyyah, Kecamatan Neglasari, Pesantren Assa’adah Li Nahdlatil Ulama, Kecamatan Periuk, dan Pesantren Modern Tahfidz Ar Rahmah, Kecamatan Cibodas.

“Tentunya kami harapkan, setiap pesantren dari masing-masing kecamatan yang kami lakukan sosialisasi dapat memberikan edukasi yang sama ke pesantren lain di wilayah mereka,” ungkapnya.

Pelaksanaan program pengembangan Pesantren Sehat di Kota Tangerang dilakukan di Pesantren Modern Tahfidz Darul Quran, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat, 22 September 2023. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ketapang, drg. Dwi Lestari, yang turut mendukung kegiatan tersebut juga mengatakan terdapat 80 santri yang ikut dalam kegiatan Pesantren Sehat di Pesantren Modern Tahfiddz Daarul Quran. Dimana selain menjelaskan terkait PHBS, juga dilakukan Survey Mawas Diri (SMD) untuk mengetahui bagaimana penerapan PHBS di lingkungan pesantren.

“Para santri yang mengikuti ini dari mulai SMP hingga SMA, dimana dibagi dua kegiatan yakni aktifitas fisik seperti lari bersama, skrining kesehatan dari mulai pengukuran tinggi badan dan lingkar perut, cek tensi darah sebelum dan setelah melakukan olahraga bersama, serta menggali lebih dalam masalah kesehatan apa yang terjadi di Pesantren Daarul Quran melalui SMD tersebut,” ujar drg. Dwi.

Menurut drg. Dwi, nantinya setelah mendapatkan hasil dari SMD tersebut akan menjadi evaluasi bagi pihak pesantren apa saja yang harus dibenahi dan ditingkatkan, agar menjadikan lingkungan pesantren yang sehat.

Karena pada umumnya untuk menciptakan Pesantren sehat, tidak hanya melalui PHBS, namun juga sarana dan prasarana yang menunjang. Salah satu upayanya dengan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi warga pondok pesantren melalui Pos Kesehatan Pesantren.

“Kami juga bersama-sama dengan pihak pesantren membentuk kader santri yang nantinya akan bertugas dalam menyelenggarakan pesantren sehat,” ucapnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...