Bantu Pemerintah, Ini Aksi Nyata Ratusan Mahasiswa Tujuh Kampus di Tangerang untuk Masyarakat

Date:

Mahasiswa dari tujuh kampus di Tangerang Raya selama dua bulan akan terjun ke warga bersama Pemkot Tangerang untuk membantu pemerintah dalam mengelola dan menyebarkan informasi. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Aksi nyata ratusan mahasiswa tujuh kampus di Kota Tangerang, Banten ini layak ditiru oleh mahasiwa di wilayah lain. Para mahasiswa di Kota Tangerang ini selama dua bulan akan terjun ke warga bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Kegiatan ini digelar Pemkot Tangerang melalui Diskominfo dalam rangka meningkatkan kapasitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berada di tiap kelurahan di Kota Tangerang, dalam pengelolaan dan penyebaran informasi masyarakat.

Dilansir laman resmi Pemkot Tangerang, sebagai tahap awal kegiatan ini, 114 mahasiswa dari tujuh universitas yang akan diterjunkan ke warg menjalani Pembekalan Mahasiswa dan Sosialisasi Program Pendampingan KIM, yang berlangsung di Ruang Al Amanah, Puspem Kota Tangerang, Jumat, 22 September 2023.

Diketahui, tujuh universitas tersebut ialah Universitas Budi Luhur, Universitas Buddhi Dharma, Universitas Raharja, Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Syekh Yusuf, Universitas Muhammadiyah Tangerang dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Subkoorinator Pengembangan dan Kemitraan Komunikasi Publik, Diskominfo, Fitri Yulia mengungkapkan Pendampingan KIM merupakan kegiatan yang melibatkan rekan-rekan mahasiswa, untuk terjun langsung ke Masyarakat dalam mengimplementasikan ilmu yang didapat guna mengakomodir kegiatan sehari-hari KIM.

“Sebenarnya, mahasiswa yang terlibat dalam Pendampingan KIM ini ialah mereka yang melakukan pendaftaran permagangan atau praktik kerja ke Diskominfo. Namun, kali ini dikemas dengan pendampingan langsung ke lapangan tidak praktik di back office,” jelas Fitri dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkota.go.id.

“Teman-teman mahasiswa membantu KIM mempublikasikan atau mempromosikan potensi wilayahnya masing-masing. Membantu KIM dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi informasi komunikasi dalam mendukung pengembangan potensi KIM di wilayahnya masing-masing. Serta, membantu KIM dalam penyebarluasan informasi dengan cara menarik dan komunikatif,” sambungnya.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, mahasiswa dan anggota KIM sama-sama berkembang dan berinovasi untuk wilayahnya.

“Untuk anggota KIM nya, selain mengenalkan wilayah dan potensinya, juga melakukan pemantauan serta pengawasan terhadap aktivitas mahasiswa dan capaian hasil kerja mahasiswanya di wilayahnya masing-masing,” katanya.

“Goal akhirnya, Diskominfo Kota Tangerang akan menggelar Lomba Kampung Digital tahun 2023 yang dapat diikuti seluruh kampung atau KIM, dengan sederet inovasi dan pengembangan digital dimasing-masing wilayahnya,” tutup Fitri.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....