Miliki Banyak Aplikasi Pelayanan yang Sudah Teruji, Pemkot Tangerang Ternyata Ciptakan Inovasi Layanan untuk Difabel

Date:

Punya banyak aplikasi pelayanan yang sudah teruji, ternyata Pemkot Tangerang punya layanan khusus untuk difabel, yakkni tuna netra. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Beragam aplikasi untuk memudahkan pelayanan sudah hadir di Kota Tangerang, salah satunya Tangerang LIVE yang di dalamnya ada 82 aplikasi manajemen pemerintah dan ada 131 aplikasi layanan publik.

Seluruh aplikasi manajemen pemerinntah dan layanan publik tersebut terintegrasi terhadap 41 website PPID pelaksana yang ada di www.tangerangkota.go.id. Menariknya, dari sekian banyak aplikasi layanan publik tersebut, Pemkot Tangerang ternyata sudah punya layanan yang disiapkan khusus untuk difabel, yakni tuna netra.

Hal itu disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat memaparkan presentasi Badan Publik pada Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Banten secara daring, Selasa, 26 September 2023.

“Beberapa inovasi juga terus dilakukan, salah satunya adalah formulir permohonan menggunakan huruf braille. Hal ini telah diuji coba dengan rekan netra dari yayasan Difabel Mandiri Indonesia,” kata Arief dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkota.go.id, Rabu, 27 September 2023.

“Selain itu, kami juga telah bertransformasi menjadi PPID Inklusif, memiliki ruangan informasi dan dokumentasi serta petunjuk arah secara urut sehingga masyarakat yang berkebutuhan khusus bisa tetap dilayani dengan baik,” sambungnya.

Arief memaparkan, keterbukaan informasi publik menjadi bagian dalam membangun dan pengawasan terhadap semua pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang ada di lingkungan Pemkot Tangerang.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, lanjutnya, PPID Kota Tangerang mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak. Hal tersebut adalah bentuk implementasi dan bukti keseriusan Pemkot Tangerang dalam memberikan informasi yang kredibel, cepat, mudah dan sederhana.

“Mudah-mudahan ini menjadi komitmen kita semua dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat,” imbuh Arief.

Dalam kesempatannya, Arief, juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Banten dan Komisi Informasi Provinsi Banten yang terus mendorong serta mendukung PPID Kota Tangerang menjadi PPID yang berkualitas.

“Semoga  kolaborasi dan kerja sama yang terjalin dapat terus terjaga dengan baik demi mewujudkan keterbukaan informasi publik untuk masyarakat Kota Tangerang dan Provinsi Banten,” tukas Arief.

Sebagai informasi, dalam Pemeringkatan PPID atau Monev yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Provinsi Banten, Pemkot Tangerang menempati peringkat pertama sejak tahun 2015 hingga 2017 dan memperoleh predikat sebagai Badan Publik Informatif secara berturut – turut sejak tahun 2018 hingga 2022.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

    View all posts

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkot Tangerang Gelar Lomba Fashion Show Busana Daerah, Muslim dan Batik Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang akan...

Lewat Digitalisasi Perijinan Jokowi Ingin Mempermudah Penyelenggaraan Event, Bagaimana Dampaknya di Banten?

Berita Banten - Peluncuran Digitalisasi Layanan Perizinan Penyelenggaraan Event...