Pabrik Baja Kembali Hadir di Banten, Wapres Ingatkan soal Penggunaan Bahan dalam Negeri dan SNI

Date:

Wapres Ma’ruf Amin meresmikan PT Lautan Baja Indonesia, pabrik baja hasill ekspansi PT Lautan Stteel Indonesia, Jumat, 29 September 2023. Wapres mengingatkan pentingnya penggunaan bahan dalam negeri dan penerapan SNI.(FOTO: bantenprov.go.id)

Berita Tangerang – Pabrik baja kembali hadir di Banten, menyusul diresmikannya PT Lautan Baja Indonesia (LBI) oleh Wakil Presiden atau Wapres Indonesia, Ma’ruf Amin, Jumat, 29 September 2023.

Dikutip BantenHits.com dari laman bantenprov.go.id, PT Lautan Baja Indonesia merupakan ekspansi PT Lautan Steel Indonesia (LSI), pabrik baja yang berlokasi di Desa Talagasari, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, berkesempatan mendampingi Wapres Ma’ruf Amin saat peresmian PT Lautan Baja Indonesia.

Kepada para pelaku usaha industri, Al Muktabar menekankan untuk menerapkan pola industri hijau yang Ramah lingkungan. Menekan emisi hingga tingkat zero dengan terus menggiatkan teknologi yang ramah lingkungan dan pengelolaan alam yang baik melalui penghijauan.

“Baja adalah satu hal penting dalam menggiatkan infrastruktur baik di daerah maupun secara nasional,” kata Al Muktabar.

Oleh karenanya, Al Muktabar melanjutkan, produk industri baja di Provinsi Banten harus bisa bersaing dengan yang lainnya. Apalagi, kebutuhan baja baik nasional maupun global diperkirakan akan terus meningkat.

“Yang tak kalah penting, produk baja yang dihasilkan harus mengandung produk bahan dalam negeri dan mempunyai SNI,” ucapnya.

Industri Baja Berperan Vital

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin mengatakan, industri baja berperan vital dalam pertumbuhan suatu negara. Ia juga dianggap sangat esensial bagi pengembangan sektor industri lainnya seperti industri energi, kontruksi, otomotif dan transportasi serta infrastruktur.

Di Indonesia industri baja mempunyai peranan penting dalam mendukung pembangunan infrastruktur yang saat ini tengah berkembang, seperti pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan, jalur rel kereta api, pembangkit listrik, kilang minyak, dan pembangunan IKN.

“Untuk memenuhi itu, kita harus bisa memproduksi sendiri, jangan sampai impor,” katanya.

Wapres juga menekankan beberapa hal dalam rangka peningkatan kemandirian industri baja nasional. pertama penerapan secara tegas dan konsisten tingkat kandungan produk dalam negeri dan wajib SNI.

“Hal itu dalam rangka mendukung pembangunan nasional dan mewujudkan kemandirian dalam negeri. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir pemerintah sangat intensif mengakselerasi berbagai proyek infrastruktur seperti IKN dan program kendaraan listrik,” jelasnya.

Ia juga mendorong industri baja nasional menjadi bagian integral dari pertumbuhan ekonomi dengan konsep industri hijau, dimana produksinya mengedepankan efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya berkelanjutan.

“Seraya memanfaatkan sampah sebagai energi alternatif,” ungkapnya.

Direktur Utama PT. Lautan Steel Indonesia Heintje Tan berharap dengan adanya ekspansi usaha ini bisa memenuhi kebutuhan baja dalam negeri. Dirinya juga mendukung penuh kewajiban pemenuhan produk yang SNI.

“Itu wajib melekat di produk kami, dan juga Tingkat Komposisi Dalam Negeri (TKDN),” katanya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...