Sepanjang 2023 Dinas Sosial Kabupaten Serang Tangani 1.382 Korban Bencana

Date:

Dinas Sosial Kabupaten Serang menyalurkan bantuan untuk korban bencnana rumah roboh di Kecamatan Cikeusal. (FOTO: Dok.Dinas Sosial Kabupaten Serang)

Berita Serang – Sepanjang 2023 ini, Dinas Sosial atau Dinsos Kabupaten Serang sudah menangani 1.382 korban bencana di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Serang.

Menurut Kepala Dinsos Kabupaten Serang, Subur Prianto, ribuan korban bencana yang telah ditangani jajarannya itu merupakan korban bencana dari total 103 peristiwa bencana yang terjadi di 24 kecamatan di Kabupaten Serang.

“Berdasarkan data Dinsos Kabupaten Serang, tiga kecamatan menjadi wilayah terbanyak terjadi bencana, yakni Kecamatan Carenang, Cinangka dan Petir,” kata Subur melalui keterangan tertulis, Senin, 30 Oktober 2023.

Bencana alam yang kerap terjadi di Kabupaten Serang pada 2023, kata Subur, seperti banjir, kebakaran, angin puting beliung yang menyebabkan rumah roboh dan rumah rusak akibat tertimpa pohon roboh.

Dinas Sosial Kabupaten Serang menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Kecamatan Kopo. (FOTO: Dok. Dinas Sosial Kabupaten Serang)

Dinsos Kabupaten Serang, lanjutnya, sepanjang 2023 ini telah melakukan sejumlah langkah dalam rangka persiapan penanganan korban bencana dan pelaksanaan penanganan korban bencana.

“Untuk mempersiapkan penanganan korban bencana, Dinas Sosial Kabupaten Serang telah melaksanakan kegiatan, di antaranya pengadaan logistik bencana berupa bahan sandang dan bahan pangan,” jelas Subur.

“Dinas Sosial juga telah melaksanakan kegiatan pelatihan Kampung Siaga Bencana dan rapat koordinasi Taruna Siaga Bencnana (Tagana) yang merupakan salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang menangani korban bencana di lapangan,” sambungnya.

Subur menambahkan, selama 2023 Dinsos Kabupaten Serang juga telah melakukan penanganan korban bencana berupa pemberian bantuan bahan pangan dan sandang kepada para korban bencana yang tersebar di Kabupaten Serang yang jumlahnya mencapai 1.382 jiwa.

“Dari total 1.382 korban bencana yang ditangani Dinsos Kabupaten Serang selama 2023, Kecamatan Jawilan menjadi kecamatan dengan jumlah korban bencana terbanyak mencapai 556 jiwa. Kemudian disusul Kecamatan Kopo sebanyak 263 jiwa, dan Kecamatan Petir sebanyak 84 jiwa,” ungkapnya. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...