Kata Bang Rudi Begini Pentingnya Baca Tulis Quran bagi Pelajar di Kabupaten Tangerang

Date:

Sekda Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid berharap Baca Tulis Quran (BTQ) bisa membudaya di kalangan pelajar di Kabupaten Tangerang. (FOTO Ilustrasi: istockphoto.com)

Berita Tangerang  Baca tulis Quran atau BTQ diharapkan bisa membudaya di kalangan pelajar di Kabupaten Tangerang. Karenanya, melalui BTQ diharapkan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak yang baik.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid saat membuka Gebyar BTQ Tingkat Kabupaten Tangerang yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang di Masjid Agung Al Amjad Puspemkab Tangerang, Kamis, 16 November 2023.

Pria yang populer disapa Rudi ini mengatakan, BTQ diharapkan bisa menjadi agenda rutin setiap tahun bagi para pelajar di Kabupaten Tangerang.

“Saya berharap baca tulis Alquran menjadi budaya siswa siswi SD, SMP dan sederajat agar menjadi pedoman kehidupan sehari-hari,” kata Rudi dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Gebyar BTQ Tingkat Kabupaten Tangerang tersebut diikuti 14.673 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Tsanawiyah dan Aliyah. Agenda ini berhasil memecahkan rekor dunia (World Record).

Sekda menandaskan kegiatan gebyar BTQ pembacaan Juz 30 dapat terus digelar secara reguler dalam rangka mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak yang terkandung dalam Alquran dan juga menjadi generasi yang religius.

“BTQ juz 30 hari ini jangan sampai berhenti hari ini, agar manjadi agenda rutin setiap tahunnya untuk mencetak generasi yang cinta kepada Alquran dan mentauladani Rasullullah,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dadan Gandana mengungkapkan, pelaksanaan gebyar BTQ pembacaan Juz 30 Alquran dilakukan secara serentak di seluruh kecamatan dan dipusatkan di Puspemkab Tangerang Tigaraksa, bertempat di Masjid Agung Al Amjad.

“Kita targetkan hanya 10.000 peserta. Alhamdulillah tadi berdasarkan hasil pencatatan lembaga Record Holder Republik (RHR) tercatat bahwa jumlah peserta yang mengikuti pembacaan juz 30 ini, adalah 14.673 siswa,” jelas Dadan.

“Ini merupakan pencapaian penting bagi siswa siswi, selain mereka belajar membaca tulis Alquran, mereka juga diajari pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...