Disnaker Kota Tangerang Sukses Turunkan Angka Pengangguran Terbuka di Kota Tangerang

Date:

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Selatan, Ujang Hendra Gunawan. Dalam beberapa tahun terakhir Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang sukses menurunkan angka pengangguran terbuka di Kota Tangerang. (Foto: BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota Tangerang berhasil menurunkan angka pengangguran terbuka di Kota Tangerang selama beberapa tahun terakhir, terutama setelah memasuki masa endemic COVID-19.

Hal ini merupakan salah satu hasil dari buah kerja Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan yang didukung oleh masyarakat, dunia usaha, akademisi serta media dalam konsep pentahelix.

Angka pengangguran terbuka yang pada Tahun 2014 di angka 7,81, kemudian sempat naik di Tahun 2021 diangka 9,07 karena terimbas pandemi COVID-19. Berkat kerja bersama Pemerintah Kota Tangerang dengan berbagai OPD dan masyarakat serta dunia industri, pada Tahun 2022 turun diangka 7,16  dan akhir tahun 2023 ini turun kembali di angka 6,79.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, H. Ujang Hendra Gunawan memaparkan, berbagai program dilakukan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan untuk menurunkan angka pengangguran, yaitu lewat program Hubungan Industrial yang bertujuan untuk menekan angka perselisihan industrial antara pengusaha dan pekerja, sehingga konduktivitas ekosistem investasi di Kota Tangerang bisa terjaga dan melalui Program Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja.

Program Pelatihan Kerja yang telah dilaksanakan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang telah melatih 2.523 orang dari 131 Angkatan. Sejak 2017, telah dilakukan juga pelatihan berbasis kewirausahaan yang telah diikuti oleh 3.824 orang.

Adapun pelatihan kewirausahaan dengan kegiatan SI PRAJA (Sistem Pelatihan Kerja) dimaksud antara lain : barista, content creator, service sepeda, service handphone dan pengolahan makanan. Pelatihan kewirausahaan ini juga didampingi dengan Program Tangerang EMAS yang memberikan pendanaan untuk  para alumni peserta pelatihan baik kewirausahaan ataupun BLK terhadap akses pembiayaan untuk modal usaha.

Selain dua program di atas, ada juga Program Penempatan Tenaga Kerja. Dinas Ketenagakerjaan  melalui kegiatan virtual jobfair,setiap bulannya dan  Jobfair offline yang memfasilitasi seluruh pencari kerja dari Kota Tangerang ataupun luar kota. Kegiatan ini menyerap 18.944 tenaga kerja, dengan rincian 17.607 orang dalam kota dan 1.335 orang luar kota Tangerang.

Soal penurunan angka pengangguran terbuka, Dinas Ketenagakerjaan yang berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika juga telah menyediakan aplikasi Tas Loker yang dapat dimanfaatkan para pencari kerja dan pemberi kerja. Masing-masing pihak dapat menggunakan aplikasi sesuai kualifikasi dan kebutuhan.

“Aplikasi tersebut memiliki cara kerja mirip LinkedIn. Para pencari kerja dapat menyesuaikan lowongan yang sesuai dengan keterampilan di Tas Loker. Sementara itu, para HRD perusahaan dapat mencari calon tenaga kerja sesuai kualifikasi perusahaan,” kata Ujang. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...