Kampung Cituis Bersiap Jadi Pusat Kuliner Aneka Makanan Laut!

Date:

Kampung Cituis, Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, bersiap untuk menjadi Pusat Kuliner Seafood. (FOTO ILUSTRASI: halodoc.com)

Berita Tangerang – Kampung Cituis, Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, akan segera ‘disulap’ menjadi Pusat Kuliner Seafood alias makanan laut.

Potensi yang dimiliki Kampung Cituis, dinilai sangat mendukung untuk jadi Pusat Kuliner Seafood. Pasalnya, di Cituis terdapat tempat pelelangan ikan. Cituis juga kerap dijadikan titik keberangkatan wisatawan yang hendak berwisata ke Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tangerang, Jainudin mengungkapkan, rencana menjadikan Kampung Cituis sebagai Pusat Kuliner Seafood merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk meningkatkan perkonomian masyarakat pesisir.

Karenanya, pada 2024 ini Diskan Kabupaten Tangerang akan mendorong penambahan sarana yang bisa dimanfaatkan wisatawan Kepulauan Seribu di Kampung Cituis.

“Terdapat potensi di Cituis, karena akses terhadap kawasan Kepulauan Seribu, sehingga harus dikembangkan kebutuhan masyarakat Kepulauan Seribu. Kita tambahkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan juga oleh masyarakat Kepulauan Seribu,” kata Jainudin, Selasa, 16 Januari 2024 dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

“Di Cituis sudah mulai banyak wisatawannya. Kalau fasilitasnya lebih diperbaharui, maka akan lebih banyak yang mampir, dan tentunya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat juga,” sambungya.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tangerang, Jainudin mengungkapkan pada 2024 ini pihaknya akan menambah sarana prasarana di Kampung Cituis. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Dia mengatakan, Selain Cituis wilayah Kemiri pun memiliki potensi dalam meningkatkan perekonomian rakyat pesisir, karena wilayah kemiri memiliki kawasan tambak, mangrove, dan PLTU.

“Jika dipadukan maka ini akan menjadi destinasi ekowisata antara tambak, mangrove dan PLTU. Jadi mangrove dan budidaya akan berkolaborasi untuk menjadikan nilai daya tarik dalam peningkatan ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Menurut Jainudin, sektor perikanan juga merupakan bagian penting dalam meningkatkan ekonomi dan bisa mengentaskan kasus stunting, melalui program gerbang mapan yang telah dicanangkan. Pihaknya berharap pengentasan kemiskinan dan stunting bisa terealisasi melalui Dinas Perikanan.

“Insya Allah ini akan menjadi wujud nyata kita dalam melakukan penataan wilayah pesisir dan dalam peningkatan ekonomi masyarakat pesisir,” harapnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....