Bank Sampah Kadu Agung Sukses Bersama Diluncurkan, Warga Kini Dapat Penghasilan dari Sampah

Date:

Bank Sampah Kadu Agung Sukses Bersama (KSB) resmi diluncurkan, Rabu, 17 Januari 2024. Melalui Bank Sampah KSB, warga kini dapat penghasilan dari sampah. FOTO ILUSTRASI: Salah satu aktivitas Bank Sampah di Kabupaten Tangerang. DLHK Kabupaten Tangerang mengajak warga berkolaborasi dalam penanganan sampah. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Tangerang – Warga Kelurahan Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang kini bisa mendapatkan penghasilan dari sampah-sampah yang ada di rumah mereka.

Pasalnya, Kelurahan Kadu Agung telah resmi meluncurkan Bank Sampah Kadu Agung Sukses Bersama (KSB) pada Rabu, 17 Januari 2024.

Lalu bagaimana penghasilan bisa diterima warga dari sampah yang ada di rumah mereka?

Lurah Kadu Agung, Mohamad Yusuf mengatakan, melalui Bank Sampah, masyarakat dapat menjual sampah rumah tangga mereka. Setelah sampah itu dikumpulkan maka nantinya akan dipilah sesuai jenisnya dan dilakukan penimbangan.

“Jumlah (sampah yang dikumpulkan) tersebut akan dicatat pada buku rekening. Tabungan di rekening pun bisa langsung diambil atau diambil secara berkala,” kata Mohammad Yusuf dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Menurut Yusuf, inovasi bank sampah tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan sampah.

Diluncurkannya Bank Sampah KSB juga bertujuan untuk mengurangi produksi sampah serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Dengan adanya Bank Sampah ini, nantinya kita dapat melakukan pengelolaan sampah yang terpadu dan sistematis, sehingga sampah ini bisa memberikan manfaat atau berkah ke depannya,” jelasnya.

Lurah Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Mohamad Yusuf. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Selain itu, Bank Sampah KSB juga merupakan upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang di tempat pembuangan akhir. Yusuf mengatakan pihaknya akan mengupayakan pengelolaan sampah untuk nantinya didaur ulang.

“Sampah tersebut kedepannya akan kami coba upayakan pengelolaan seperti daur ulang sampah plastik ataupun botol yang berdaya jual,” tuturnya.

Bank Sampah KSB nantinya akan dikelola oleh para kader TP PKK Kelurahan Kadu Agung. Yusuf berharap dengan adanya Bank Sampah tersebut dapat memberikan manfaat yang baik, serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan ramah lingkungan.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....