Bupati Perempuan di Banten Ini Raih Anugerah PWI 2024 karena Sukses Lestarikan Jurus Silat Kaserangan

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu raih Anugerah PWI 2024. Penghargaan ini diberikan pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta, Selasa, 20 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

Berita Serang – Bupati perempuan di Banten ini memang benar-benar pendekar tulen. Kiprahnya dalam mengembangkan silat di Tanah Jawara sebagai tempat kelahirannya memang tak diragukan lagi.

Komitmen dan dedikasinya untuk silat, telah mengantarkannya untuk meraih Anugerah PWI 2024. Ya, dialah Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

Tatu menjadi satu dari enam kepala daerah yang meraih Anugerah PWI 2024. Penyerahan penghargaan ini diberikan pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta, Selasa, 20 Februari 2024.

“Alhamdulillah, anugerah ini saya persembahkan untuk para pencipta dan pelestari Jurus Silat Kaserangan dari berbagai paguron di Kabupaten Serang. Juga apresiasi terhadap seluruh aparatur Pemkab Serang hingga tingkat sekolah yang konsisten menjaga silat sebagai budaya Bangsa,” kata Tatu kepada wartawan usai mendapat penghargaan.

Sebelum meraih Anugerah PWI 2024, serangkaian tahapan dilakukan. Mulai dari pengajuan dari PWI daerah dan bersaing dengan sejumlah kepala daerah di Indonesia. Kemudian penilaian dan presentasi langsung di depan panitia dan dewan pakar PWI.

Tatu meraih anugerah kategori bidang kebudayaan karena dinilai telah berkontribusi nyata dalam pengembangan silat, warisan budaya takbenda UNESCO.

Tatu dinilai telah sukses mengembangkan budaya silat di Banten, sebagai daerah para jawara atau pendekar dengan menggagas dan diciptakannya Jurus Silat Kaserangan.

Para peserta Festival Silat Kaserangan saat tampil memperagakan jurus silat.(Dok.Banten Hits/ Iyus Lesmana)

Jurus ini diciptakan 13 sesepuh pendekar dari 12 aliran silat di Kabupaten Serang pada tahun 2017. Setelah diciptakan, digelar rutin Festival Silat Kaserangan. Festival ini pertama kali pada 20 Agustus 2017, Pemkab menerima rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI)

Selanjutnya, Silat Kaserangan ditampilkan pada berbagai kegiatan pemerintah maupun swasta, menjadikan bahan ajar muatan lokal di sekolah, hingga menjadikan seragam Silat Kaserangan sebagai salah satu pakaian dinas Pemda Kabupaten Serang.

Untuk melindungi ciptaan atau hak cipta sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Jurus Silat Kaserangan telah didaftarkan kepada Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Pada Maret 2022 secara resmi sudah tercatat dan memiliki Hak Cipta di Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor pencatatan: 000337054.

Kini Silat Kaserangan tidak hanya dikenal di tingkat nasional. Jurus Silat Kaserangan berhasil meraih juara dalam Even Internasional Pencak Silat Championship 2021 di Belanda.

Tatu menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan PWI. Ia pun berkomitmen akan terus bekerja sama dengan pers dalam pembangunan daerah.

“Semua capaian, baik keberhasilan program pembangunan maupun penghargaan yang kami raih, merupakan hasil sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk dari teman-teman pers,” ujarnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...