Begadang di Pelabuhan Merak untuk Urai Macet, Pj Gubernur bersama Kapolda dan Wali Kota Cilegon Terbitkan Kebijakan Layani Tiket Manual

Date:

FOTO ILUSTRASI: Kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak, Selasa pagi, 26 April 2022. (Foto: SindoNews.com/ iNews TV/Iskandar Nasution)

Berita Cilegon – Kemacetan mendera akses menuju Pelabuhan Merak, Sabtu malam, 6 April 2024. Antrean kendaraan tampak mengular di kawasan tersebut.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar bersama Kapolda Banten, Irjen Pol. Abdul Karim dan Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian bahkan harus rela bedagang di Pelabuhan Merak untuk mengendalikan situasi.

Al Muktabar berangkat dari Rumah Dinas (Rumdin) Gubernur Banten di Kota Serang sekitar pukul 19.30 WIB. Rombongan Al Muktabar sempat mengalami kemacetan. Bahkan, Al Muktabar harus turun langsung untuk membuka akses jalan ambulans.

Untuk mengurai kepadatan yang crowded, Pj Gubernur Banten, Kapolda Banten, Kepala BPTD Banten serta PT ASDP Fery Indonesia sepakat mengeluarkan kebijakan bersama.

Kebijakan berupa memberikan pelayanan penyeberangan pembelian tiket kepada pemudik secara manual (offline) bagi pemudik yang sudah melakukan perjalanan atau berada di buffer zone (rest area) namun belum memiliki tiket dengan keberangkatannya melalui Pelabuhan Ciwandan.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Banten juga kebijakan dalam mengatasi antrian kendaraan menuju Pelabuhan Merak dengan mengalihkan kendaraan angkutan barang ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara.

“Saya pastikan Pemerintah Daerah hadir untuk memberikan solusi-solusi yang bisa mendukung dan membantu masyarakat melakukan perjalanan mudik. Kita persembahkan mudik yang baik ini untuk masyarakat,” kata Al Muktabar melalui laman resmi Pemprov Banten.

Sementara itu, Abdul Karim mengungkapkan, untuk menjaga kelancaran Mudik Lebaran 2024, pihaknya mengimbau pemudik yang hendak melakukan penyebrangan dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheuni Lampung untuk membeli tiket secara online sebelum keberangkatan.

“Saya mengimbau bagi pemudik yang masih ada dirumah atau yang belum melakukan pembelian tiket sebaiknya jangan dulu ke Pelabuhan Merak. Beli tiket dulu baru menuju ke Pelabuhan. Jangan go show atau dari rumah berencana membeli tiket di Pelabuhan Merak atau di rest area”, imbaunya

Meski demikian, pada Sabtu, 6 April 2024, Kapolda mengakui, terdapat pemudik yang belum memiliki tiket, namun terlanjur sudah berada di Pelabuhan Penyebrangan Merak atau sudah menuju Pelabuhan Merak.

Atas kondisi tersebut Polda Banten, Pemprov Banten dan PT ASDP Merak, memberikan pelayanan pembelian tiket penyebrangan secara manual khusus hari itu, 6 April 2024. Pelayanan penjualan tiket dilaksanakan pada loket-loket resmi PT ASDP yang berada di buffer zone/daerah penyangga.

“Pelayanan pembelian tiket itu dapat dilakukan secara langsung (manual) diloket resmi PT. ASDP Fery Indonesia yang berada di setiap buffer zone (rest area),” ungkapnya.

Pelayanan penyeberangan atas tiket tetsebut, lanjutnya, tidak di Pelabuhan Penyebrangan Merak, tapi di Pelabuhan Ciwandan yang berlokasi di Jalan Raya Anyer Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Pelayanan pembelian tiket itu dapat dilakukan secara langsung (manual) diloket resmi PT. ASDP Fery Indonesia yang berada di setiap buffer zone.

“Jadi hari ini bagi pemudik yang belum memiliki tiket tetap akan dilayani. Ini kebijakan kami dengan Pemerintah Daerah termasuk instansi ASDP sebagai pengelola pelabuhan kita sepakat,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...

Tak Ada Kabupaten Tangerang, Ini Wilayah-wilayah yang Jago Inovasi Pelayanan Publik di Banten!

Berita Banten - Wilayah-wilayah di Banten ini layak diapresiasi....