Muncul Antrean Panjang Penumpang, Proses Bagage Drop di Bandara Soetta Tak Sesuai Standar Permenhub

Date:

Suasana di Bandara Soetta, Tangerang pada Sabtu, 6 April 2024. (FOTO: Dok. Ombudsman Banten)

Berita Tangerang – Antrean panjang penumpang terjadi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta atau Bandara Soetta, Tangerang, Banten. Antrean dipicu self bagagge drop untuk penerbangan domestik tidak dapat digunakan dan sedang dalam proses perbaikan.

Hal tersebut diketahui setelah Ombudsman Banten melakukan pemantauan di seluruh terminal di Bandara Soetta Tangerang, Sabtu, 6 April 2024.

“Di Terminal 3, semua self bagagge drop untuk penerbangan domestik tidak dapat digunakan dan sedang dalam proses perbaikan,” kata Ketua Ombudsman RI Perwakilan Banten, Fadli Afriadi melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com.

“Akibat dari keadaan ini adalah antrean yang memanjang di bagagge drop manual yang juga mengakibatkan waktu proses bagagge drop yang dapat melebihi standar yang ditetapkan di Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2023 tentang Pelayanan Jasa Kebandarudaraan di Bandar Udara,” sambungnya.

Terkait bagage drop, masalah serupa juga ditemukan di Terminal 2, dimana beberapa loket bagagge drop tidak dibuka dengan alasan keterbatasan personel.

“Pengoperasian loket bagagge drop merupakan wilayah kewenangan maskapai penerbangan. Meskipun PT Angkasa Pura II telah mengimbau maskapai untuk menambah jumlah personil guna memaksimalkan operasional loket bagagge drop yang ada, namun terbatasnya jumlah personil menjadi kendala utama,” ungkap Fadli.

Berdasarkan pantauan Ombudsman, data reservasi tiket menunjukkan terjadinya peningkatan penumpang sebesar 17% dibandingkan dengan arus mudik tahun sebelumnya. Angka ini hampir mendekati jumlah penumpang pada tahun 2019 sebelum adanya pandemi COVID-19.

“Dengan besarnya jumah penumpang, ternyata penggunaan fasilitas self check-in masih rendah, dengan persentase di bawah 10%. Hal ini juga yang membuat terjadinya penumpukan pada loket check-in/bagagge drop sehingga masyarakat perlu didorong untuk memanfaatkan self check-in guna mengurai antrean,” jelasnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...