Calon Tunggal, Penempatan Letak Kolom di Surat Suara Diundi

Date:

Calon Tunggal Undi Penempatan Foto di Surat Suara
Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri menjelaskan penempatan foto pasangan calon di Pilkada yang diikuti calon tunggal tetap dilakukan pengundian. (Foto: Mahyadi/Banten Hits)

Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten meminta daerah yang menyelenggarakan Pilkada 2018 dengan calon tunggal melakukan pengundian penempatan kolom gambar di surat suara.

Hal itu menyusul terbitnya surat edaran dari KPU RI Nomor: 160/PL.02.2- SD/06/KPU/II/2018 yang mewajibkan Pilkada yang hanya diikuti oleh satu palon tetap melakukan pengundian penempatan gambar paslon dan kolom kosong tidak bergambar di surat suara.

“Dari edaran KPU RI, calon tunggal yang sudah ditetapkan tetap dilakukan pengundian untuk menentukan di sebelah mana foto paslon dan kolom kosongnya. Ini tidak akan mempengaruhi masa kampanye,” terang Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri, Rabu
(14/2/2018).

Menurutnya, jika biasanya gambar paslon akan ada di sebelah kiri saat surat suara dibuka, namun dengan edaran tersebut, penempatan wajib diundi.

“Untuk memastikan penempatan gambar paslon ya diundi, bukan mengundi nomor urut. Biasanya kan paslon ada di sebelah sebelah kiri dan kotak kosongnya ada di sebelah kanan,” tuturnya.

Untuk diketahui, tiga dari empat daerah di Banten yang menyelenggarakan Pilkada 2018 diikuti oleh satu pasangan calon. Tiga daerah tersebut adalah, Kota Tangerang yakni pasangan Arief R. Wismansyah, Kabupaten Tangerang pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli dan Kabupaten Lebak pasangan Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi.  Sementara Kota Serang diikuti oleh tiga pasangan calon yakni Vera Nurlalia Jaman-Nurhasan, Syafruddin-Subadri Usuludin dan Syamsul Hidayat-Rohman.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulyadi Jayabaya Beri Sinyal ke PKS soal Pilkada Lebak, Apa Itu?

Berita Lebak- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera...

PKS Lebak Daftarkan Bacaleg ke KPU Sebari Gowes Becak

Berita Lebak- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak resmi...

AHY: Suara Demokrat di Banten Dipercayakan ke Iti Jayabaya

Berita Lebak- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono...

Jurus PPP Cilegon Rebut Kemenangan di Pemilu 2024, Bacaleg Dibekali Ini

Berita Cilegon- DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cilegon...