Connect with us

METROPOLITAN

Siap Nyalon DPR RI, Thoni Fathoni Mukson Tunggu Restu Ketua Umum

Published

on

Thoni Fathoni Mukson Siap Nyalon

Siap nyalon menjadi anggota DPR RI, Thoni Fathoni Mukson tunggu restu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Foto: Saepulloh/Banten Hits)

Lebak – Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Thoni Fathoni Mukson yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Banten siap mencalonkan menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) 1 Banten (Lebak-Pandeglang).

Nama politisi kelahiran 22 Agustus 1970 tersebut memang sudah tak asing di telinga warga Kabupaten Pandeglang. Namun, lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tersebut masih menunggu restu sang ketua umum Muhaimin Iskandar.

“Insya Allah tinggal menunggu restu dari ketua umum, artinya menunggu daftar calon sementara. Awal Juli itu sudah terbit (penetapan calon) dan semoga saja saya ada kesempatan duduk di DPR RI dari dapil Lebak-Pandeglang,” kata Thoni kepada Banten Hits, Senin (23/4/2018).

Selain di dunia politik, sarjana teknik arsitektur ini juga aktif di beberapa organsiasi masyarakat dan agama, salah satunya menjadi Sekjen Badan Pembentukan DOB Kabupaten Caringin.

“Mudah-mudahan saya mendapat mandat dari warga Pandeglang dan Lebak melalui PKB,” ujar pembina Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten (BPPKBB) yang sudah empat kali menjadi wakil rakyat ini.

Sebagai penantang baru, bagaimana peluang menuju DPR RI di tengah ketatnya persaingan di dapil 1, Thoni menjawab bahwa semua calon memiliki peluang dan kesempatan yang sama. Ia berharap, PKB memiliki cukup kursi di dua daerah tersebut.

“Semua calon memiliki kesempatan yang sama. Tinggal Bagaimana caranya saya mengurus agar PKB memiliki kursi dari 6 kursi (Lebak-Pandeglang).

Beberapa nama terkenal memang dipastikan menghiasi pencalonan dari dapil 1. Sebut saja dari keluarga Ketua Kadin Banten Mulyadi Jayabaya (JB), ada Hasbi Asyidiki Jayabaya (PDIP) dan Vivi Sumantri Jayabaya (Demokrat).

Kemudian dari Pandeglang. Suami dari Bupati Irna Narulita yang kini anggota DPR RI dari PPP Ahmad Dimyati Natakusumah akan maju kembali dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Lalu putrinya, Rizka Dimyati Natakusuma juga disebut-sebut siap maju melalui Partai NasDem.

Dari keluarga mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiah ada Ade Rossi Chaerunisa yang juga sudah menyatakan kesiapannya maju mengikuti jejak sang suami pada Pemilu 2014 lalu Andika Hazrumy yang kini sudah menjadi wakil gubernur Banten.

Berdasarkan catatan Pemilu 2014, ada enam partai yang meraup suara terbanyak hingga membawa kadernya ke Senayan.

Partai Golkar, Andika Hazrumy dengan perolehan 70.846 suara kemudian digantikan oleh Tubagus Ace Hasan Syadzily.

PDI Perjuangan, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya memperoleh 51.059 suara. Vivi Sumantri Jayabaya 31.458 suara. H. Anda dari Partai Gerindra dengan perolehan 26.841 suara, Irna Narulita dari PPP dengan 88.969 suara yang kemudian digantikan Abdul Halim, dan Tri Murny dari Partai NasDem dengan 36.571 suara.

Baik Dimyati dan Hasbi belum merespon konfirmasi melalui WhatsApp yang dikirimkan Banten Hits. Namun, hal itu sudah dikonfirmasi oleh Ketua PDIP Banten Asep Rahmatullah.

“Setiap kader maupun non kader baik masyarakat simpatisan dapat mencalonkan menjadi caleg dengan persyaratan yang sudah diatur oleh partai dan PKPU. Termasuk saudara Hasbi. Di samping beliau sebagai struktural partai dan kader, PDIP sudah pasti akan menempatkan kembali beliau untuk jadi Caleg dari dapil 1,” kata Asep.

Sementara dari PPP Banten, ada nama mantan aktivitas dari UIN Banten, Usep Saepudin.

“(mencalonkan) incumbent Abdul Halim, Usep Saepudin (aktivis) dan ada dari DPP. Kita masih membuka peluang bagi eksternal,” ucap Ketua DPW PPP Banten Agus Setiawan.

Selain Rizka dan Usep, dari Kabupaten Lebak juga ada Asep Awaludin yang menyatakan siap maju. Lahir dari keluarha nelayan, Asep lama berkecimpung di didunai perbankan. Berbekal sikap kritis dan manajerial, serta tata kelola keuangan Asep mantap maju.(Nda)

Trending