Connect with us

Pemprov Banten

Andika Hazrumy Dorong Pemuda Geluti Pertanian

Published

on

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat acara pelantikan Perempuan Tani HKTI Banten

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat acara pelantikan Perempuan Tani HKTI Banten.(FOTO: Humas Pemprov Banten)

Serang – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mendorong kalangan pemuda di Banten untuk kembali melirik sektor pertanian untuk digeluti. Andika berjanji, Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim dan dirinya, akan mendukung segala upaya untuk kemajuan sektor pertanian.

Dilansir siaran pers Humas Pemprov Banten, pernyataan Andika tersebut disampaikan saat sambutan pada acara Pelantikan Perempuan Tani HKTI Banten, Sabtu, 29 September 2018. Turut dilaunching Gerakan Peduli Gizi Indonesia.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya berharap Perempuan Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Provinsi Banten dapat meningkatkan peran pemuda tani khususnya petani perempuan dalam sektor pertanian,” kata Andika.

Andika memastikan, Pemprov Banten akan mendorong kegiatan pertanian melalui penyediaan program khusus dan terintegrasi serta layanan pendukung lainnnya termasuk pelatihan dan penyuluhan, teknologi pertanian, subsidi, asuransi dan pasar. Hal itu diharapkan dapat mendorong pemuda Banten kembali tertarik kepada sektor pertanian.

Untuk menjaring potensi dan energi pemuda dalam sektor pertanian, lanjut Andika, juga harus dibuat kebijakan dan program yang komprehensif dan terintegrasi dengan pembangunan perdesaan, berkelanjutan, pertanian ramah lingkungan serta agri-enterprise yang dikelola petani.

“Juga dalam hal pemasaran dan perdagangan, dengan insentif dan manfaat khusus bagi pemuda tani, khususnya perempuan. Perempuan Tani HKTI Provinsi Banten, diharapkan mampu menumbuhkan wirausahawan petani muda yang dapat mengelola usaha tani dengan baik dan menguntungkan,” paparnya.

Lebih jauh Andika berharap Perempuan Tani HKTI terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten se-Provinsi Banten untuk pengembangan inovasi sector pertanian di Provinsi Banten.

Sementara itu Ketua PTHKTI Dian Novita Susanto dalam sambutannya mengatakan, sebagai wujud komitmen Perempuan Tani HKTI terhadap pengentasan stunting (gizi buruk), pihaknya me-launching Gerakan Peduli Gizi Indonesia. “Program berkelanjutan per tahun ini bekerjasama dengan PINSAR Indonesia dan ASOHI serta didukung oleh PT Berdikari (Persero) dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk,” kata Dian.

Adapun pelantikan pengurus DPP PT HKTI Banten kali ini, kata Dian, mengusung tema yang selaras dengan tema Hari Tani Nasional yakni, Peran Perempuan Dalam Membangun SDM yang Unggul Melalui Perbaikan Gizi. “Selamat mengemban panji-panji Perempuan Tani HKTI kepada pengurus Provinsi Banten. Selamat Berkarya,” imbuh Dian.

Sebagai perwujudan dari kepedulian terhadap perbaikan gizi, lanjut Dian, para pengurus Dewan Pimpinan Daerah PT HKTI Banten juga menyerahkan bantuan peduli gizi berupa ayam karkas sebanyak 300 ekor dan telur 490 butir kepada 300 kepala keluarga di Desa Bojen, Kecamatan Soblang, Kabupaten Pandeglang.(Rus)

Trending