Generasi Muda Banten, Ayo Bertani! Sektor Pertanian Punya Potensi Menjanjikan Loh

Date:

FOTO ILUSTRASI: Perjain Bata di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, Banting Setir Menjadi Petani Mentimun. (Dok.BantenHits.com)

Berita Banten – Sektor pertanian di Banten memiliki potensi menjanjikan. Pasalnya, saat ini sektor pertanian di Banten memegang peranan penting dalam rangka menjaga stabilitas pangan baik nasional maupun daerah.

Berangkat dari kondisi tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengajak kepada generasi muda untuk menggiatkan sektor pertanian.

Hal itu diungkap Al Muktabar usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) M Tito Karnavian bersama seluruh kepala daerah, Senin, 22 April 2024.

Menurut Al Muktabar, potensi nilai ekonomi dalam sektor pertanian dan ketahanan pangan pada dasarnya sama dengan sektor lainnya. Bahkan dalam perkembangan dunia saat ini, sektor ini lebih mempunyai potensi ekonomi dan peluang yang cukup besar.

“Ini menjadi konsentrasi kita bersama. Kita terus berupaya agar para generasi muda kita mulai menggiatkan sektor pertanian,” kata Al Muktabar dilansir laman resmi.

Para petani di Banten, lanjutnya, harus diperhitungkan untuk mendapatkan nilai tambah yang baik dalam sektor usahanya. Itu harus terus dijaga, pasalnya sektor pertanian dan pangan merupakan hal mendasar bagi kehidupan manusia termasuk di situasi global yang tidak menentu seperti ini.

“Kita juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga usaha di hulunya, agar stabilitas harga gabah itu tetap terjaga dengan baik, sehingga kesejahteraan para petani bisa meningkat,” ujarnya.

Terkait dengan perkembangan inflasi di Provinsi Banten, dikatakan Al Muktabar sampai saat ini masih cukup terkendali dengan baik.

Dari 20 komoditi pokok, ada beberapa komoditi yang menjadi konsentrasi pemerintah seperti harga telur ayam ras, daging ayam ras, cabai, bawang merah dan beras.

“Memang ada kondisi sedikit fluktuasi di Kota Tangerang. Makanya kita sedang konsen untuk mengambil langkah-langkah strategis. Saya intensif berkomunikasi dengan bapak Walikota terkait dengan kondisi yang ada. Apalagi Kota Tangerang juga merupakan pusat distribusi perdagangan komoditi itu,” jelasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...