15 Komunitas Masyarakat di Belakang Pencalonan Arief

Date:

Banten Hits.com – Tidak hanya dari kalangan warga biasa, dukungan yang diberikan kepada H. Arief Wismansyah untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang juga datang dari komunitas masyarakat.

Hingga pertengahan April 2013, sedikitnya ada 15 komunitas masyarakat yang berada di belakang pencalonan Arief untuk memenangkan Pilkada 31 Agustus mendatang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan profesi yang beragam.

Banten Hits.com – Tidak hanya dari kalangan warga biasa, dukungan yang diberikan kepada H. Arief Wismansyah untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang juga datang dari komunitas masyarakat.

Hingga pertengahan April 2013, sedikitnya ada 15 komunitas masyarakat yang berada di belakang pencalonan Arief untuk memenangkan Pilkada 31 Agustus mendatang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang dan profesi yang beragam.

Menurut Ketua Divisi Jaringan Gerakan Rakyat Dukung Arief (Garuda) Kota Tangerang Maryoris Namaga, ke-15 jaringan itu sudah bertemu langsung dengan Arief Wismansyah. Mereka secara sukarela berikrar siap mendukung dan memenangkan pencalonan Arief sebagai Walikota Tangerang periode tahun 2013-2018.

“Dukungan yang diberikan oleh komunitas itu betul-betul murni dan tulus tanpa pamrih. Ini yang membuat kami yakin, bahwa masyarakat memang benar di belakang Pak Arief untuk maju dalam Pilkada,” kata Maryoris kepada wartawan, Senin (15/04/2013).

Yang menarik, kata dia, ke-15 komunitas tersebut berasal dari berbagai latar belakang yang beragam. Misalnya ada Arief Friends yang berbasis remaja dan anak muda. Selain menggarap anak muda, Arief Friends juga sukses mengorganisir berbagai even yang menghadirkan Arief Wismansyah.

Kemudian ada komunitas Masyarakat Dukung Arief (Masda) yang merupakan kumpulan para orangtua yang banyak berkarya di bidang kesehatan. Selanjutnya ada Komunitas Haji Arief Wismansyah (Kharisma) yang merupakan kumpulan para aktivis keagamaan. (selengkapnya lihat tabel)

Dengan beragamnya komunitas yang mendukung Arief, sambung Maryoris jelas memberikan keuntungan tersendiri bagi relawan dalam meningkatkan popularitas dan elektabilitas Arief Wismansyah. Maksudnya, masing-masing komunitas tinggal menggarap kelompok masyarakat yang sesuai dengan karakter mereka. Meskipun begitu, semua komunitas tersebut berada dalam satu wadah, yaitu Garuda.

“Contoh mudahnya Arief Friends. Karena mereka latar belakangnya adalah anak muda, maka target yang disasar adalah para pemilih pemula dan remaja. Begitu pula dengan Masda, mereka tinggal menggarap segmen para orangtua,” papar tokoh yang dekat dengan semua kalangan ini.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Garuda, kinerja dari masing-masing komunitas dalam menggalang dukungan masyarakat luas sangat memuaskan. Selain karena adanya kesamaan panduan dalam bergerak, dengan latar belakang setiap anggota komunitas yang merupakan para pegiat,  membuat mereka mudah diterima oleh masyarakat.

“Tapi selain itu ada faktor lain yang tak kalah penting. Disamping kerja keras dari setiap komunitas, ada faktor figur Pak Arief yang memang sudah mendapat penilaian positif di masyarakat. Jadi istilahnya tinggal memoles sedikit saja, masyarakat langsung menaruh simpati,” terang dia. (ADVERTORIAL))

Berikut nama komunitas pendukung H. Arief Wismansyah:

1. Arief Friends, Komunitas dengan latar belakang remaja dan pemilih pemula      
2. Masyarakat Dukung Arief (Masda), Komunitas pegiat kesehatan berbasis orangtua      
3. Komunitas Haji Arief Wismansyah (Kharisma), Komunitas aktivis keagamaan dan guru ngaji      
4. Jagoan Gua Arief (Jaguar), Komunitas dengan latar belakang kelompok remaja, anak gaul      
5. Jaringan Arief Wismansyah Independent (Jawi), Komunitas pegiat sosial kemasyarakatan      
6. Voice of Arief (VoA), Komunitas pegiat sosial media      
7. Serdadu Betawi Dukung Arief (Sabda), Komunitas etnis Betawi      
8. Sepakat Dukung Arief (Sepeda), Komunitas terapi hati Nusantara       
9. Paguyuban Kebon Besar Raya (PKBR),  Komunitas masyarakat Batuceper dan sekitarnya      
10. Gerakan Masyarakat Bela Arief (Gemala), Komunitas dengan latar belakang kelompok LSM      
11. Komunitas Mancing Rawa Cipondoh (Komaraci), Komunitas penghobi mancing      
12. Ikatan Warga Kebumen (IWAK), Komunitas masyarakat perantau asal Kabupaten Kebumen      
13. Forum Masyarakat Kampung Benteng (FMKB), Komunitas masyarakat Cina Benteng      
14. Paguyuban Seni Budaya Nusantara (PSBN), Komunitas seni dan budaya di Kota Tangerang      
15. Padepokan Seni Budaya Sunda (PSBS), Komunitas seniman dan pegiat budaya khas Sunda      

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Lawan Petahana di Empat Wilayah di Banten? Gerindra Siap Dukung Asal Penuhi Syarat Ini

Serang - Partai Gerindra membuka pendaftaran calon kepala daerah...

1-15 November 2019, Gerindra Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2020 di Banten

Serang - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi...

Besok, Pasangan Petahana Kota Tangerang Akan Dekarasi di Lapangan Ahmad Yani

Tangerang - Perburuan dukungan partai politik bagi bakal calon...