WH Diduga Curi Uang APBD 2010

Date:

Banten Hits – Wali Kota Tangerang Wahidin Halim diduga mencuri uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang tahun anggaran 2010. Dugaan tersebut dituliskan oleh Ibnu Jandi dalam sebuah spanduk yang dibawanya ke Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Senin (22/7/2013) sekitar jam 11.00 WIB.

Dalam spanduk yang dibawa Ibnu Jandi tersebut dituliskan, dugaan pencurian uang APBD yang dilakukan Walikota Tangerang Wahidin Halim ini dilakukan secara bersama-sama dengan Direktur PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ahmad Marju Kodri.

Rencananya, Jandi dengan spanduk tersebut akan menemui Ketua DPRD Kota Tangerang Heri Rumawatine. Namun, karena yang dituju tak ada di tempat akhirnya Jandi urung meneruskan aksinya.

Terkait dengan dugaan korupsi yang terjadi di kota yang beberapa kali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Provinsi Banten ini, Wahidin Halim belum memberikan tanggapan. (Baca juga:Terkait Dugaan Korupsi, WH Tak Beri Tanggapan)

Dugaan pencurian yang disebutkan Jandi itu adalah terkait dugaan korupsi dan penyelewengan di tubuh PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, berupa pemberian pinjaman oleh PDAM Kota Tangerang “Tirta Benteng” sebesar Rp 7.152.100.000.00 Yang diperuntukan untuk Persikota sebesar Rp 6.891.300.000 dan Untuk Pengcab PSSI sebesar Rp 260.800.000. Seluruh pinjaman itu dilakukan pada Tahun 2010.

Dalam rilis yang diterima Banten Hits dari Ibnu Jandi saat aksi, Senin (22/7/2013), disebutkan, berdasarkan LHP BPK-RI yang dibacanya, bahwasanya menurut Direktur Utama PDAM Kota Tangerang, pinjaman ini pada prinsipnya diketahui oleh Pemerintah Kota Tangerang dan dijamin pembayarannya oleh APBD Pemerintah Kota Tangerang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK-RI perwakilan Provinsi Banten, Nomor 26/LHP/XVIII.SRG/12/2011, tanggal 29 Desember 2011, bahwasanya pinjaman kepada Persikota sebesar Rp 6.891.300.000, diduga sudah melalui Persetujuan Ketua Umum Persikota. Dan secara kebetulan pula dapat diduga bahwasanya Direktur PDAM Kota Tangerang “Tirta Benteng” pada saat itu adalah sebagai Manajer Persikota, dan Ketua Umum Persikota Tangerang adalah Wahidin Halim yang juga Wali Kota Tangerang.

Untuk diketahui, selain menjabat sebagai Dirut PDAM Tirta Benteng, Ahmad Marju Kodri pada rentang 2010-2012 diketahui khalayak sebagai Ketua Pandawa, sebuah organisasi pemenangan Wahidin Halim yang saat itu menyalonkan jadi Gubernur Banten. (Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related