Buruh PT Hasura Mitra Gemilang Tuntut Hak Normatif

Date:

Banten Hits – Buruh pabrik PT Hasura Mitra Gemilang yang beralamat di Jalan Industri III, Kavling 6A-B, Komplek Fakto E1-E2, Desa Bunder, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang menggelar aksi unjuk rasa di depan pabrik mereka, Kamis (23/4/2015).

PT Hasura Mitra Gemilang adalah pabrik plastik yang merupakan mitra dari perusahaan elektronik besar LG.

Aksi unjuk rasa buruh itu dibantu juga oleh Gabungan Serikat Pekerja Metal Indonesia (Gaspermindo). Menurut Korlap Gaspermindo Kabupaten Tangerang, Andi Lanto, PT Hasura Gemilang merupakan salah satu basis Gaspermindo di Kabupaten Tangerang.

Menurut Andi Lanto, buruh mendesak supaya perusahaan memenuhi tujuh tuntutan buruh di antaranya, meminta pengurus serikat Gaspermidno di PT Hasura Mitra Gemilang yang dipecat manajemen dipekerjakan kembali, mengangkat karyawan kontrak yang telah bekerja selama 4-5 tahun menjadi karyawan tetap, pemberlakuan program BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan, pembayaran upah lembuh di atas 7 jam kerja, serta cuti bagi perempuan saat hadi, melahirkan dan cuti tahunan.

“Perusahaan juga cuma memberi waktu istirahat setengah jam sehari. Kami juga menuntut diberlakukannya upah sekktoral di perusahaan ini,” kata Andi Lanto kepada Banten Hits.com lewat telefon genggam, Kamis (23/4/2015).

Belum ada keterangan resmi dari PT Hasura Mitra Gemilang terkait aksi unjuk rasa yang dilakukan buruhnya itu. Banten Hits.com masih berupaya untuk mendapatkan keterangan dari pihak manajemen.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...