Pilkada Tangsel, Ini Tahapan Balon Jalur Independen

Date:

Banten Hits – Bakal calon walikota dan wakil walikota yang bakal maju di Pilkada Kota Tangsel melalui jalur independen, belum ada yang menyerahkan dukungan pada hari pertama dibuka, Kamis (11/06/2015).

Wartawan Banten Hits, Rie Rihana melaporkan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel di kawasan BSD, Kecamatan Serpong tampak sepi dan belum menerima satu pun bakal calon dari jalur perseorangan yang menyerahkan dukungan.

“Benar di hari pertama ini belum ada balon dari jalur perseorangan yang menyerahkan dukungannya,” kata Ketua Kelompok Kerja (Pookja) Divisi Pencalonan KPU Tangsel Bambang Dwitoro, Kamis (11/06/2015).

Tahapan penyerahan dukungan jalur perseorangan ini dibuka mulai 11 sampai 15 Juni 2015. Sedangkan waktu penyerahan dukungannya dibuka hingga pukul 16.00 Wib.

Sedangkan menurut Ketua KPU Tangsel Moh Subhan, ada dua tahapan yang harus dilalui balon dari jalur independen. Pertama adalah dukungan dalam bentuk foto copy identitas penduduk dan tanda tangan dukungan langsung dari masyarakat.

“Jadi ini tidak hanya KTP, tapi apa pun itu yang berdasarkan undang-undang dikatakan sebagai identitas penduduk atau identitas diri bisa dijadikan dukungan,” ungkapnya.

Selain itu, pada tahap selanjutnya balon juga harus mendaftarkan diri ke KPU sebagai balon melalui jalur independen. Waktunya pada 22 hingga 24 Juni mendatang.

“Pada pendaftaran ini bersamaan dengan pendaftaran balon dari jalur partai politik (parpol),” ungkapnya.

Lanjut Subhan, dari Juni sampai Juli itu, KPU akan melakukan verifikasi dukungan dari jalur perseorangan.

“Waktu ini memang sengaja untuk melakukan verifikasi faktual dukungan, makanya penyerahan dukungan jalur perseorangan itu lebih awal,” ungkapnya. (Uud)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tok! KPU Tetapkan Airin-Benyamin Pemenang Pilkada Tangsel

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

KPU Tangsel Siap Hadapi Sidang Gugatan Pilkada di MK

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan...

Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Tangsel, Ini Hasil Lengkapnya

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...

Pleno KPU Tangsel Akan Banyak Dihujani Interupsi?

Banten Hits - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang...