Darurat Kekeringan, BPBD Banten Suplai Ribuan Liter Air Bersih ke Lebak

Date:

Banten Hits – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Rabu (5/8/2015), mendistribusikan air bersih ke 11 Kecamatan yang berada di Kabupaten Lebak yang mengalami kekeringan. Tak kurang 9 mobil tangki penampung air milik BPBD, Dinas Sumber Daya Air, dan Dinas Sosial dikerahkan dalam penyaluran air bersih ke Kabupaten yang sudah mengeluarkan status darurat bencana kekeringan tersebut.

Selain mengerahkan 9 mobil tanki, BPBD juga membawa 12 water turen yang akan ditempatkan di pemukiman warga yang wilayahnya mengalami krisis air bersih. Untuk kapasitas satu mobil tangki berisi 5.000 liter air, sedangkan 1 water turen mempunyai kapasitas 1.050 liter air.

“Suplai air bersih kita lakukan karena Kabupaten Lebak yang statusnya sudah ditetapkan menjadi darurat kekeringan, dan banyak daerah sudah meminta bantuan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga masyarakat,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banten, Komari, di Rangkasbitung.

Komari menjelaskan, dalam pendistribusian air bersih tersebut akan dibagi kepada tiga zona, yakni zona Selatan, Utara dan Tengah yang akan dilakukan sekaligus.

“Hari ini akan kita salurkan ke semua wilayah di Lebak. Makanya, untuk jaga-jaga kita juga bawa 12 water turen dari 61 water turen yang kita siapkan,” ujarnya.

Sementara itu, kepala BPBD Lebak, Kaprawi, menyambut baik bantuan air bersih dari Pemrov Banten untuk wilayah di Lebak yang mengalami kekeringan yang berdampak kepada sulitnya warga mendapatkan air bersih.

“Kita sangat berterima kasih sekali atas bantuan penyaluran air bersih dari Pemrov yang dikoordinir oleh BPBD Banten. Ini merupakan bentuk kepedulian dari Pemprov Banten kepada Lebak yang saat ini mengalami kekeringan,” katanya.

Terkait dengan status Lebak yang ditetapkan darurat kekeringan, ia menjelaskan bahwa status tersebut bisa saja diperpanjang jika memang kemarau terus berkepanjangan.

“Kita belum bisa tentukan kapan status ini dicabut, kalau memang berkepanjangan ya kita masih tetapkan darurat kekeringan. Kalau dari catatan yang kami miliki hanya ada 7 Kecamatan yang mengalami kekeringan,” jelasnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...