Tak Update, Situs Resmi Pemkab Lebak Disebut Hanya Sebatas Gugurkan Kewajiban

Date:

Banten Hits – Keberadaan situs resmi milik Pemerintah Kabupaten Lebak, seharusnya bisa menjadi salah satu media bagi Pemerintah Daerah untuk menyampaikan beragam informasi yang berkaitan dengan berbagai program dan pembangunan yang tengah dijalankan oleh Pemerintah Daerah.

Tak hanya sebagai jembatan Pemerintah dalam menyampaikan program yang sudah dan tengah dilakukan. Namun lebih dari itu, ditengah kebutuhan informasi yang ingin didapat dengan mudah dan cepat oleh masyarakat, situs resmi berbasis website milik Pemerintah Daerah juga menjadi alternatif utama masyarakat luar daerah dalam mencari berbagai informasi di daerah tersebut. Mulai dari Pemerintahan, ekonomi, sosial budaya, hingga destinasi wisata.

Maka tak heran, jika tidak updatenya data dan informasi di situs yang dikelola Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak yang sudah berlangsung cukup lama, disayangkan oleh sejumlah pihak. Apalagi, di tahun 2014 Pemkab Lebak pernah mengucurkan dana sekitar Rp50 juta untuk pengembangan situs dengan alamat lebakkab.go.id tersebut.

Sekretaris KNPI Lebak, Moch Hudri, Jum’at (28/8/2015), mengatakan, program-program yang memang sudah jadi bagian dari informasi seharusnya bisa tersampaikan ke publik.

“Lewat media massa memang perlu, tapi kalau sudah ada sarananya akan lebih bagus itu juga dimaksimalkan, apalagi internet bukan lagi hal yang asing bagi kebanyakan masyarakat,” kata Hudri kepada Banten Hits.

Tidak updatenya situs Pemkab yang sudah berlangsung lama juga menjadi pertanyaan. Jika memang tidak ada SDM yang mampu mengelola situs tersebut, Pemkab disarankan bisa segera menyiapkan. Pasalnya, jangan sampai keberadaan situs tersebut nanti dianggap hanya sebatas menggugurkan kewajiban.

“Ya artinya asal ada sajalah, jadi bukan serius untuk menyampaikan berbagai informasi yang memang tempatnya sudah disediakan. Saran saya, Pemkab harus segera menyediakan SDM yang mumpuni, jangan sampai situs itu dibiarkan seolah-olah mati segan hidup tak mau” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Komunitas Aspiratif (Komunas) yang beranggapan, website Pemkab merupakan sarana yang sangat efektif dalam menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat.

“Setidaknya, melalui informasi itu berbagai hal tentang Lebak, terutama produk dan potensi akan diketahui oleh banyak orang karena aksesnya yang tanpa batas. Ini juga akan berimbas pada tumbuhnya sektor ekonomi dan investasi,” ujar Achmad Syarief.

Lanjut dia, website Pemkab Lebak juga akan menjadi media propaganda agar seluruh program Pemerintah Daerah bisa mendapat dukungan publik.

“Kalau pengelolaan web tidak bisa berjalan maksimal, saya rasa perlu dilakukan evaluasi terkait pengelolaannya,” tutupnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related