Tahun Ini, Calon Jemaah Haji Pandeglang Berkurang

Date:

Banten Hits – Calon jemaah Haji asal Kabupaten Pandeglang akan berkurang pada tahun ini. Dari kuota tahun sebelumnya 520 orang, tahun ini menjadi 480 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pandeglang M Subhi mengatakan, pengurangan kuota calon jemaah Haji tersebut lantaran, Pemerintah Arab Saudi masih melakukan perbaikan Masjidil Haram.

“Langsung dari Pemerintah Arab Saudi, karena masih melakukan pembangunan Masjid,” ujar Subhi kepada Banten Hits, belum lama ini.

Meski kuota itu ditetapkan oleh kantor wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Banten, Subhi berharap kuato jamaah haji asal Pandeglang bisa bertambah lagi, paling tidak jumlah itu sama dengan tahun sebelumnya.

Untuk kesiapan administrasi calon jemaah, Subhi mengaku sudah hampir 70 persen selesai, terutama pembuatan paspor, Kata dia, pembuatan paspor dilakukan per Kecamatan secara bertahap yang diundang oleh pihak Imigrasi. Sedangkan, jadwal pemberangkatan di perkirakan pada bulan Agustus mendatang.

“Sekarang sudah mencapai 70 persen, pas pemberangkatan sudah selesai jadi tinggal pengurusan Visa saja,” ucapnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya insiden seperti jatuhnya crane dan peristiwa di Mina, Subhi memaparkan bahwa saat kegiatan manasik, para calon jemaah  tidaknya hanya diberikan pemahaman soal pelaksanaan ibadah haji, namun diberikan pemahaman untuk menjaga keselamatan.

“Calon jemaah juga kita beri pemahaman bagaimana cara masuk hotel, menjaga kesehatan dan menjaga keselamatan,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...