Connect with us

METROPOLITAN

Arus Balik, Jumlah Pemudik di Terminal Terpadu Merak Meningkat

Published

on

Banten Hits – Arus balik pemudik dari Pulau Sumatera ke beberapa daerah di Pulau Jawa melalui Terminal Terpadu Merak, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut terlihat hingga H+5 arus jumlah pemudik masih terus berdatangan.

Bedasarkan data yang diperoleh dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Terpadu Merak, pada arus mudik 2016 kemarin jumlah pemudik yang turun di TTM sebanyak 100.183 pemudik. Semantara pada arus balik saat ini jumlah pemudik mengenali peningkatan sebanyak 101.557 pemudik atau 92,42 persen dari total pemudik yang belum kembali yang diperkirakan akan terus mengalir pada selama empat hari ke depan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cilegon Dana Sujaksani saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkan bila arus balik pemudik hampir setiap tahunnya mengalami pertambahan. Dimungkinkan, kata Dana, pertambahan itu dikarenakan adanya urbanisasi pemudik muka-muka baru yang berusaha mencari pekerjaan di Pulau Jawa dari Pulau Sumatera.

BACA :  Petani di Bojong Pandeglang Butuh Akses Jalan Memadai Menuju Persawahan

“Hampir setiap tahun pola yang mudik yaitu berangkat dua orang, kemudian pulang kembali ke pulau Jawa dari Sumatera berjumlah tiga orang. Kita prediksi ada kemungkinan yang kembali melebihi jumlah yang mudik kemarin,” ungkapnya, Rabu (13/7/2016).

“(Urbanisasi) itu memungkinkan. Pertambahan jumlah yang kembali biasanya lebih banyak, tetapi saat ini belum final kita mendatanya. Itu semua memungkinkan terjadi,” imbuhnya.(Rus) 

 



Terpopuler