Wisata Banten Lama Bisa Seperti Borobudur, Asal…

Date:

 

Banten Hits – Wisata Banten Lama memiliki potensi besar seperti Candi Borobudur. Bahkan, destinasi wisata sejarah yang lokasinya berada di pantai hanya ada beberapa saja di Indonesia, termasuk salah satunya di Banten Lama ini.

“Jika dikembangkan wisata Banten Lama ini saya yakin Banten Lama tidak kalah bagus dengan wisata Candi Borobudur atau wisata-wisata sejarah lain. Cuma kekalahannya kalau Borobudur sudah ditata, Banten Lama belum. Jika Banten Lama ditata juga bisa menjadi pusat wisata di Provinsi Banten,” kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Yoesoef Boedi Ariyanto saat hadir dalam rapat Dewan Riset Daserah (DRD), Kamis (25/8/2016).

Menurut Ketua DRD Banten Prof.DR. HMA Tihami, rapat komtek bidang sosial, budaya dan kemasyarakatan digelar untuk mendapatkan rekomendasi terkait langkah penataan situs bersejarah Banten Lama.

“Dalam rapat ini kita membahas mengenai Banten Lama, banyak hal yang harus segera ditata agar situs sejarah Banten Lama bisa lestari mualai dari sistem penjual kaki llima yang makin semerawut. Karena Banten Lama merupakan aset negara yang mempunyai sejarah tinggi,” ungkap Tihami kepada awak media.

Berdasarkan kajian pada kegiatan tersebut, jelasnya, dihasilkan rekomendasi bahwa untuk menata Banten Lama harus dibentuk badan pengelola yang  terdiri dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Masyarakat. 

“Hasi dari kajian ini nanti kita akan serahkan rekomendasi ini kepada yang berwenang dan tentunya akan kita kawal kedepannya,” ucapnya.(Rus)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...