PDAM TKR Jadi Trainer Pelatihan Service Excellence

Date:

 

Kabupaten Tangerang – PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang dipercaya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Banten menjadi trainer pelatihan pelayanan prima bagi PDAM di Provinsi Banten, 13-14 Oktober 2016 di Ballroom S’Rizky Hotel and Restaurant, Kabupaten Pandeglang.

Pelatihan diberikan oleh Tim Service Excellence PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang dengan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 25 orang yang berasal dari bagian hubungan langganan dan petugas loket dari PDAM Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, PDAM Tirta Multatuli Kabupaten Lebak, dan PDAM Cilegon Mandiri, Kota Cilegon.

Acara ini dibuka oleh Hj. Ida Farida selaku Ketua Tim SE sekaligus mewakili Pengurus DPD Perpamsi Banten. Dalam sambutannya Ida Farida menyampaikan bahwa training ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan personil yang berada di frontline dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan maupun masyarakat luas.

Peserta diperkenalkan dengan materi proses bisnis PDAM, di mana peserta diharapkan lebih memahami lagi struktur atau tahapan seluruh aspek operasional PDAM mulai dari intake, instalasi pengolahan air, jaringan perpipaan, pelayanan pelanggan dan pendukung lainnya seperti sumber daya manusia, tata kelola keuangan, regulasi dan sistem informasi. 

Materi lainnya yang disampaikan dalam pelatihan itu, antara lain identifikasi pelanggan, cara berkomunikasi dengan pelanggan, kerjasama tim atau team work, penampilan dan membangun citra diri. 

Pelatihan dikemas dengan perpaduan presentasi materi, fun games, kerja kelompok dan di penghujung acara dilakukan presentasi individu, di mana para peserta di minta untuk tampil dan melakukan presentasi terhadap topik atau materi yang telah ditentukan.

Dari kesan yang disampaikan perwakilan peserta pada acara penutupan, terungkap bahwa personil yang berhubungan langsung dengan pelanggan jauh lebih mengerti bagaimana cara berperilaku prima, bekerja professional, cara menghadapi dan melayani pelanggan lebih baik, mengetahui solusi terhadap komplain pelanggan dan memiliki kemampuan untuk menyampaikan atau berbicara di depan publik.

Pemilihan Tim Service Excellence dari PDAM TKR Kab.Tangerang ini merupakan program DPD Perpamsi Banten untuk lebih mendayagunakan para tenaga ahli dari internal PDAM dan mitra swasta sebagai trainer untuk sharing dan transfer knowledge dengan rekan-rekannya sesama anggota DPD Perpamsi Banten. (Bagian Humas SSP PDAM TKR Kabupaten Tangerang)

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related