Petani Karet di Lebak Merugi Harga Jual Merosot Tajam

Date:

 

Banten Hits – Petani karet di Kabupaten Lebak mengeluhkan rendahnya harga jual karet di pasaran yang hanya mencapai Rp 6.000 per kilogramnya. Merosotnya harga jual mengakibatkan sejumlah usaha pengolahan karet gulung tikar karena penjulan karet habis hanya untuk upah dan biaya pengolahan.

Karena tak punya pilihan usaha lain, sebagian petani karet masih bertahan menekuni usaha ini.

Madroji, petani karet di Kecamatan Gunung Kencana mengatakan, pihaknya tidak mengerti kenapa harga bahan komoditi unggulan karet ini harga jualnya hancur. Padahal, kebutuhan akan karet sangat tinggi baik dalam negeri atau luar negeri.

“Walau pun terus merugi, kami terpaksa terus menjalaninya karena tidak ada pekerjaan lain yang bisa kami lakukan selain di bidang karet,” kata Madroji, kepada awak media, Jumat (11/11/2016).

Menurutnya, keluhan terkait harga karet yang hancur ini sudah disampaikan beberapa kali baik kepada pemerintah atau DPR. Namun, sudah lebih dari tiga tahun belum juga ada perubahan.

“Kala kondisi seperti ini terus berjalan dan tidak ada perubahan, kemungkinan pohon-pohon karet yang ada akan kami tebang dan diganti dengan tanaman atau pohon lainnya yang bisa menghasilkan lebih,” ujarnya.

Senada dikatakan Supardi petani karet lainnya. Ia berharap ada solusi dan jawaban yang diberikan pemerintah baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah.

“Saya harap ada solusi jangan sampai harga terus merosot dan pada akhirnya karet tidak ada lagi di Kabupaten Lebak,” harapnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...